Bupati Sragen Yuni Ajak Jamaah Haji Tak Lupakan Arti Penting Kemerdekaan di Tanah Suci Makkah

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati bersama Wakil Bupati Dedy Endriyatno melaksanakan ibadah haji pada tahun ini. Disela-sela prosesi haji, dia menyempatkan diri mengajak seluruh jamaah haji asal Kabupaten Sragen agar tidak melupakan arti penting HUT Kemerdekaan RI ke-74.

Pengarahan ini digelar di Aula Hotel Albu Tower Jarwal Kota Makkah, Jumat malam 9 Agustus 2019 sebelum wukuf di Arafah, Makkah, Arab Saudi. Pertemuan bupati dengan jamaah haji asal Sragen 531 orang di Tanah Suci dibagi menjadi dua pertemuan. Hal ini mengingat keterbatasan tempat pertemuan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Yuni mengingatkan agar jamaah yang tengah fokus beribadah haji tidak ketinggalan ikut serta memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74.

“Tahun ini kita memperingati HUT kemerdekaan yang berbeda sama sekali dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena saat ini kita sedang melaksanakan ibadah haji,” kata Mbak Yuni, sapaan akrabnya.

Dengan demikian, jamaah haji tidak bisa melaksanakan upacara bendera HUT Kemerdekaan RI ke-74 sebagaimana biasanya. Tapi hal itu tidak boleh menyurutkan semangat jamaah haji untuk ikut serta ambil bagian dalam peringatan HUT kemerdekaan.

“Selain itu juga faktor prosedur perijinan melaksanakan upacara di negara lain yang tentu sangat ketat kecuali dilaksanakan di kantor Kedubes dan Konjen RI,” terang dia.

Menurut bupati, meskipun sedang beribadah haji, tapi masih bisa memberikan kontribusi yang tidak kecil. “Haji adalah tempat dan waktu mustajabah yang berkumpul dalam satu kesempatan, di mana doa tidak ada yang ditolak.” jelasnya.

Selain tempat mustajabah di Makkah dan Madinah cukup banyak, ada pula waktu mustajabah. Tapi yang berkumpul dalam satu kesempatan hanya saat haji terutama saat wukuf di Arofah.

“Maka untuk para jamaah haji jangan lupa mendoakan untuk kebaikan dan kejayaan bangsa dan negara Republik Indonesia,” pintanya.

Meskipun kelihatan kontribusi yang kecil, tapi kalau 231.000 haji Indonesia tahun 2019 mendoakan untuk kebaikan bangsa dan negara ditempat dan waktu mustajabah saat doa, diyakini pasti akan dikabulkan. “Dan ini adalah kontribusi paling penting yang tidak bisa dilakukan oleh banyak orang,” pungkasnya.

Selanjutnya kegiatan yang sama bersama jamaah haji Kabupaten Sragen yang lain akan dilaksanakan di Hotel Kiswah Tower setelah prosesi ibadah haji selesai atau setelah dari lempar jumaroh di Mina. (reporter: Huriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *