Warga di Tiga Dukuh Desa Jirapan Kecamatan Masaran Sragen Geruduk Proyek Jalan Grompol-Jambanan, Ini Alasannya…

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Sejumlah warga geruduk proyek pembangunan jalan raya Grompol-Jambanan, Selasa 13 Agustus 2019. Aksi di tiga dukuh Desa Jirapan, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, ini lantaran polusi udara debu yang tak kunjung ditangani.

Tiga dukuh ini yakni Dukuh Slamat, Dukuh Gondang, dan Dukuh Jatirejo. Suyadi Kurniawan (56), salah satu tokoh masyarakat Dusun Gondang, Desa Jirapan mengatakan, aktivitas masyarakat yang tinggal di pinggiran jalan raya Grompol-Jambanan lumpuh total akibat debu proyek pembangunan jalan.

“Banyak masyarakat yang memiliki usaha di pinggir jalan ini harus tutup total dan lumpuh usahanya karena debu ini. Sedangkan cicilan bank, biaya anak sekolah dan biaya hidup sehari-hari jalan terus. Ini usahanya lumpuh nggak bisa berdagang,” keluh Suyadi.

Debu jalan proyek jalan tersebut hingga masuk ke dalam rumah, seperti ruang tamu, kamar tidur, hingga dapur. “Mending debu gunung Mas daripada debu proyek jalan ini. Debu proyek kayak gini malah tidak baik bagi kesehatan bisa bikin penyakit,” bebernya

Sementara itu, keluhan serupa juga dirasakan Wahyuni (45), warga Gondang yang sehari-hari berjualan mi ayam. Setiap hari dia harus bertarung dengan hujan debu. Jika tidak dilawan atau di sirami, maka dagangan miliknya tidak laku karena banyak debu yang masuk ke warung.

“Kalau tidak disirami dampaknya debu masuk warung. Setiap hari saya harus menyirami tiga sampai empat kali. Harapan saya penanggungjawab proyek jalan bisa menangani masalah debu ini,” harap dia.

Terpisah, Arif Agus Cahyono, pelaksana proyek dari CV Jaya Sampurna Sakti berjanji akan menyirami sepanjang jalan proyek. Pihaknya berjanji menyirami jalan maksimal minimal empat kali sehari.

“Selain itu kami juga akan melakukan pengecoran dasar untuk mengurangi debu dan pengecoran dari utara sudah berjalan 500 meter. Terimakasih pada warga sudah memberikan peringatan soal debu. Soal papan nama sudah terpasang hanya saja salah nama pengadaan lokasi,” ujarnya.

Keluhan warga ini juga berbatasan dengan wilayah Dukuh Gondang Baru, Jatimulyo, Gondang, Desa Kedung Jeruk, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar. Sebelah selatan jalan Karanganyar sebelah utara Kabupaten Sragen. (reporter: Huriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *