Di Desa Blumbang Kecamatan Klego Boyolali Ada Penangkaran Rusa, Dibikin Seperti Ini Oleh Pemerintah Desa Setempat

TEPIANINDONESIA.COM-BOYOLALI-Desa Blumbang, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, terdapat potensi alam yang menakjubkan. Yakni Bukit Wonopotro di Dukuh Glagahombo.

Oleh Pemerintah Desa Blumbang, kawasan ini dibikin Desa Wisata berkonsep edukasi. Sebab, terdapat penangkaran rusa yang kini sudah mencapai belasan ekor. Selain rusa, juga ada monyet ekor panjang, ular piton dan lain sebagianya.

“Yang jelas konsep yang kami ambil untuk pengembangan Wisata Alam Bukit Wonopotro ini adalah edukasi. Sebab, di sini ada penangkaran rusa dan sejumlah satwa,” jelas Suripto, pembina BUMDes Cipta Bersama Desa Blumbang, Minggu 8 September 2019.

Untuk pengembangan wisata alam ini, pengurus BUMDes sudah melakukan studi banding ke sejumlah tempat. Di antaranya di Taman Satwa Taru Jurug (Solo Zoo). Para pengurus belajar tentang manajemen pengelolaan kawasan wisata dan pemeliharaan penangkaran rusa.

“Jadi selain bisa mengelola kawasan wisata juga bisa mengelola rusa yang baik,” papar dia.

Pihak pemerintah desa setempat menyeriusi pengembangan kawasan wisata alam Bukit Wonopotro. Hal ini dibuktikan dengan pengalokasian anggaran untuk pengembangan ke depan. “Dengan adanya BUMDes sangat membantu sekali dalam pengembangan kawasan wisata,” terang Kepala Desa Blumbang Widayanto. (wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *