Semangat TNI/Polri Atasi Kebakaran Hutan di Lereng Merbabu Wilayah Boyolali, Jalan Kaki hingga Puncak Pastikan Titik Api Padam

TEPIANINDONESIA.COM-BOYOLALI-Tim gabungan yang terdiri TNI/Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali dan unsur lainnya terus berupaya memadamkan api kebakaran hutan lereng Gunung Merbabu.

Upaya ini dilakukan sejak Selasa 17 September 2019 hingga Kamis 19 September 2019. Tim gabungan kumpul di kawasan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Resort Selo. “Langkah ini sebagai upaya dan perbantuan relawan pemadaman dari Polres Boyolali dan Kodim Boyolali serta Brimob Den C – Surakarta beserta jajarannya,” ungkap Kabag Humas Polres Boyolali AKP Eddy Lillah.

Langkah ini diambil terkait adanya penanganan bencana alam kebakaran hutan dan lahan yang dipimpin oleh Kapolres Boyolali AKBP Kusumo Wahyu Bintoro dan Dandim Letkol kav Herman Taryaman dengan diperkuat personel 262 orang.

Selain kapolres dan dandim, yang hadir anggota Kodim, Waka Polres Boyolali Kompol Donny Eko Listianto, dan jajarannya. Para personel melakukan upaya penyisiran di kawasan BTN Gunung Merbabu wilayah Kecamatan Selo mulai pukul 09.00 WIB dilaksanakan apel kesiapan personil gabungan dari TNI/Polri beserta instansi terkait di halaman kantor BTN Gunung Merbabu Resor Selo yang dipimpin langsung Kapolres Boyolali.

Sekitar pukul 09.30 WIB, gabungan TNI/Polri berangkat untuk melaksanakan penyisiran dengan tujuan area di atas Pos 2 Bukit Guweng. Sekitar jam 11.30 WIB personel gabungan sudah bisa bergabung dengan relawan lainnya guna melakukan upaya pemadaman dengan pembuatan sekat bakar.

Setelah upaya pemadaman dari TNI/Polri dan relawan di lokasi kebakaran dan sudah membuat jalur penyekatan agar api tidak bisa merembet ke lokasi yang belum terbakar. Pukul 14.00 WIB personil yang terlibat kegiatan pemadaman turun menuju BTN Gunung Merbabu Resor Selo.

Dandim bersama Kapolres Boyolali beserta PJU Polres Boyolali melakukan koordinasi dengan petugas BTN Gunung Merbabu, Dinsos Kab. Boyolali, Tagana, Perwakilan Relawan guna evaluasi pelaksanaan kegiatan selama penyisiran dan pemadaman.

Selesai koordinasi dengan pejabat terkait Dandim dan Kapolres Boyolali beserta PJU dan personil perbantuan meninggalkan BTN Gunung Merbabu Resort Selo. Lantas dilanjutkan tim relawan melakukan pemadaman dengan metode penyisiran dan upaya pembuatan sekat bakar terdiri dari Polri 190 personel.

Kemudian TNI 35 personel, Petugas BTN Merbabu 12 orang, Dinsos Semarang 3 orang, Relawan Castle 3 orang, Siswa SMK dari Manukwari Papua 4 orang, Tagana 5 orang dan Warga Ds Tarubatang 10 orang. Jumlah keseluruhan gabungan ada 262 orang.

Menurut keterangan dari Kepala BTN Gunung Merbabu Sutopo, tim telah melaksanakan kegiatan mop-up dan penyisiran serta pembuatan sekat bakar di area yang berlokasi di atas pos 2 Bukit Guweng. Berdasar citra satelit terpantau sudah tidak terdapat titik api dan berdasarkan pemantauan dari alat drone yang diterbangkan dari puncak oleh tim relawan dan Kasubag Humas AKP Eddy Lillah yang merupakan tim terakhir turun dari puncak Gunung Merbabu.

“Terpantau sudah tidak terdapat titik api di area Pos 3 dan Pos 2 serta daerah lereng sekitarnya. Selama proses penyisiran di kawasan BTN Gunung Merbabu wilayah Kecamatan Selo berjalan dengan aman dan lancar,” katanya. (wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *