Satu Rumah di Desa Kauman Kecamatan Wonosegoro Boyolali Habis Terbakar, Ini Penyebabnya

TEPIANINDONESIA.COM-BOYOLALI-Satu rumah di Dukuh Cekelan RT 03 RW 02, Desa Kauman, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali, ludes terbakar Selasa malam 8 Oktober 2019. Rumah milik Sujono (70) ini ludes hingga seisinya.

Pemilik rumah bersama warga yang memberikan pertolongan tak berhasil mengeluarkan harta benda di dalamnya. Yakni, sepeda motor, uang tunai Rp 2 juta, empat lemari berisi pakaian, TV dan 40 karung gabah kering. Penyebab kebakaran sendiri diduga lantaran korsleting listrik.

“Diduga, kebakaran disebabkan korsleting listrik. Kerugian diperkirakan mencapai lebih dari Rp 70 juta,” ujar Kapolsek Wonosegoro Iptu Maryono, Rabu 9 Oktober 2019.

Kejadian itu kali pertama diketahui korban. Saat itu, dia sedang mengisi air pada bak mandi di sebelah timur rumahnya. Mendadak, korban melihat nyala api di atap rumahnya. Korban kaget dan langsung berteriak minta tolong.

Mendengar teriakan minta tolong, puluhan warga berdatangan ke lokasi kejadian. Mereka berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun api terus berkobar dan dengan cepat membakar seluruh rumah.

Apalagi, cuaca kering dan tiupan angin agak kencang, sehingga api sulit dipadamkan. Warga pun tidak bisa menyelamatkan barang-barang yang berada di dalamnya. Bahkan, saat tim pemadam kebakaran sampai di TKP, rumah berukuran 15×10 meter itu sudah ludes.

“Damkar hanya memastikan sudah tidak ada titik api yang masih membara,” terang dia.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut. Untuk sementara, korban tinggal di rumah kerabatnya. Warga sekitar kemudian bergotong royong membersihkan puing- puing akibat kebakaran.

Di sisi lain, pihaknya mengingatkan masyarakat agar mewaspadai kemungkinan terjadinya kebakaran. Apalagi dalam kondisi cuaca kering akibat kemarau. Jika mengetahui ada kebakaran, agar secepatnya gotong mematikan api sebelum membesar.

“Kami juga mengimbau agar secepatnya melaporkan kejadian itu kepada perangkat desa dan Polsek serta Koramil untuk diteruskan ke tim pemadam kebakaran,” harapnya.

Selain itu, masyarakat juga diingatkan untuk mengecek sambungan kabel listrik di rumah masing- masing. Jika ada sambungan yang kendor, agar segera dikencangkan kembali. Pasalnya, sambungan kendor bisa memicu munculnya bunga api yang berujung pada kebakaran. (wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *