Tepian Indonesia

Terjang Medan Ekstrem, Tim SOLOPEDULI Salurkan Bantuan ke Lokasi Bencana Alam Lebak Banten

TEPIANINDONESIA.COM-BANTEN-Jalan rusak dan tergenang air, tidak menghalangi tim SOLOPEDULI untuk menyalurkan bantuan bagi para korban terdampak banjir. Tim SOLOPEDULI yang diberangkatkan sejak Kamis sore 9 Januari 2020 dengan agenda penyaluran bantuan dan assesmen wilayah terdampak bencana alam di Lebak, Banten.

Tim diberangkatkan dari Kantor Manajemen SOLOPEDULI di Griya Smart Jalan Tentara Pelajar, Jetak, Bolon, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Tim SOLOPEDULI membawa sejumlah bantuan yang merupakan donasi dari para donatur berupa makanan siap saji, baju, selimut dan obat-obatan.

”Penyaluran bantuan kami sesuaikan kebutuhan warga terdampak di sana,” ungkap Manager Program SOLOPEDULI Fafa Faisal.

Sesampainya di lokasi bencana, tim SOLOPEDULI menuju Kampung Cinyiru, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten untuk menyalurkan bantuan Jumat pagi 10 Januari 2020. Seperti diketahui, Kampung Cinyiru merupakan lokasi yang paling parah terkena dampak bencana.

”Dua hari yang lalu saya mendengar SOLOPEDULI akan kembali membantu di Banten, maka saya mendaftar untuk bisa jadi relawan. Alhamdulillah, senang bisa terlibat langsung bantu korban banjir,” ungkap Iwan, salah satu relawan SOLOPEDULI.

Iwan bersama teman-temannya tidak hanya mengangkat barang-barang logistik yang akan disalurkan kepada korban bencana. Namun juga ikut membersihkan rumah-rumah dan masih berisi air dan lumpur.

”Jalan rusak parah, hingga kami harus berjalan kaki untuk menyalurkan bantuan. Saat ini yang paling dibutuhkan warga terdampak korban berupa makanan siap saji, air mineral, baju, selimut, alat-alat untuk membersihkan lumpur dan obat-obatan,” imbuh Fafa.

Selain pengiriman logistik, tim SOLOPEDULI juga menyediakan ambulans untuk warga yang mendesak membutuhkan layanan menuju rumah sakit. ”Bencana banjir melanda di beberapa wilayah, maka kami bagi tim di beberapa tempat, di Soloraya, di Brebes dan di Banten,” jelas Direktur Utama SOLOPEDULI Sidik Anshori.

Pihaknya memiliki jaringan relawan yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Terutama di wilayah yang sering terkena bencana, seperti di Banten. “Maka tugas tim SOLOPEDULI di sana selain menyalurkan bantuan dan assesmen juga untuk berkordinasi dengan relawan kemanusiaan yang siap membantu korban bencana alam,” ujar dia.

Dengan banyak koordinasi berbagai pihak, lanjut dia, maka dampak bencana bisa segera teratasi. Di samping itu, pihaknya terus menggalang dana peduli banjir dari berbagai lapisan masyarakat yang dibuka di kantor-kantor area SOLOPEDULI.

“Penggalangan dana juga dilakukan melalui duta peduli maupun koordinator relawan SOLOPEDULI. Semoga bantuan dan apa-apa yang kita berikan untuk korban banjir menjadi jalan keselamatan kita di dunia dan akhirat,” harap Sidik. (wan)