Warga Desa Bonagung Tanon Sragen Temukan Gading Gajah Purba, Panjangnya Segini…

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Sejumlah warga Desa Bonagung, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah di gemparkan dengan penemuan fosil purba gading gajah di tanah pertegalan milik warga.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dilapangan, penemuan gading purba di Desa Bonagung pertama kali ditemukan oleh Puryanto (42) di lahan milik Giyono (38) warga Rt 24. Bermula saat dua petani ini mengarap lahan kosong yang hendak membuat tempat lahan di tanami jagung, namum tiba – tiba Puryanto mencakul sebuah fosil dengan kedalaman 1 meter.

Mengetahui batu tersebut fosil, Puryanto dan Giyono langsung melakukan pengalian lebih lanjut, hasilnya dua orang petani ini menemukan gading dengan pajang 4 meter.”Awalnya ngerjakan lahan mau ditanami jagung mas, kemarin hari Rabu 22 – 24 Januari 2020,” jelasnya.

Penemuan gading gajah purba ini rupanya tidak hanya satu atau dua kali ini, sebelumnya warga di seputaran lahan tersebut ternyata juga banyak ditemukan beberapa gading purba yang lain,”Penemuan mulai dari cula gading badak, gigi kudanil plus kepala, tulang gajah, menjangan,dan terakhir gading gajah ini,”bebernya.

Sementara itu, Kepala Desa Bonagung Suwarno saat ditemui membenarkan adanya penemuan fosil purba tersebut,”Saat ini penemuan gading purba di amankan di rumah warga, kondisinya memang masih utuh tapi putus putus masih bisa di gabungkan,”ujarnya.

Pihak desa hingga saat ini bersama warga masih mengamankan untuk penanganan lebih lanjut,”Iya nanti kita masih nunggu kordinasi dengan pihak musium sangiran,”bebernya. (reporter: Huriyanto)