OPERASI SIKAT AGUNG 2020: 15 Hari, Polda Bali Berhasil Tangkap 70 Pelaku Kejahatan

TEPIANINDONESIA.COM-DENPASAR-Operasi Sikat Agung 2020 selama 15 hari, yakni sejak tanggal 10 hingga 25 Februari 2020, Polda Bali berhasil mengamankan 70 pelaku tindak kejahatan.

Dari puluhan pelaku yang diamankan, empat orang di antaranya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas. “Tersangka yang kita amankan terdiri dari 62 laki-laki dan delapan perempuan,” terang Kasubdit 3 Ditreskrimum Polda Bali AKBP Ranefli Dian Candra, saat gelar perkara di Mapolda Bali Jumat 28 Februari 2020.

Mereka yang diamankan di antaranya terkait kasus pencurian dengan pemberatan sebanyak 40 orang. Kemudian tersangka kasus pencurian dengan kekerasan sebanyak 6 orang dan tersangka kasus pencurian biasa sebanyak 6 orang.

“Termasuk juga ada 18 pelaku tindak pisana curanmor. Sebagaian dari pelaku yang diamankan merupakan TO kasus curat, curas, dan curanmor,” kata AKBP Ranefli Candra.

Ditambahkan pula, dari 70 orang pelaku, dua di antaranya yakni warga negara asing asal Bulgaria Teodor Stepanov Petrov dan Kamen Sevdalinov, tersangka dalam kasus pencurian data nasabah Bank (skimming).

Dalam operasi yang melibatkan 412 orang petugas yang terdiri dari 155 orang Satgas Polda dan 257 orang Satgas Polres/Polresta jajaran, polisi juga menyita puluhan unit barang bukti hasil kejahatan.

Barang bukti tersebut seperti mobil, sepeda motor, handphone, laptop, uang tunai ratusan juta rupiah, televisi, perhiasan serta barang bukti lain. (wan)