Datangi Markas Yonif 412/Kostrad, Petugas Subdenpom Purworejo Periksa Ratusan Prajurit dan Kendaraan

TEPIANINDONESIA.COM-PURWOREJO-Polisi Militer Subdenpom Purworejo datangi Markas Yonif Mekanis Raider 412/BES/6/2 Kostrad, Rabu 4 Maret 2020. Kedatangan merek dalam rangka pelaksanaan penegakan dan ketertiban (gaktib) dalam satuan.

Sasaran kegiatan ini pemerikasan surat-surat nyata diri prajurit serta kelengkapan surat kendaraan dinas atau pribadi di lapangan apel Mayonif 412/Kostrad.

Menurut Komandan Subdenpom IV/2-2 Purworejo Kapten Cpm Rusmanaji bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan setelah Apel gelar Pasukan Ops Gaktib Polisi Militer “Waspada Wira Keris” Ta. 2020. “Kami datang untuk mengetahui kelengkapan surat-surat nyata diri prajurit dan surat kendaraan bermotor milik anggota serta upaya pembinaan prajurit,” terangnya.

Pemeriksaan menyasar sekitar 178 unit motor terdiri dari 12 motor dinas, dan 166 unit motor pribadi. Sementara untuk kendaraan roda empat ada 40 unit yang terdiri dari, 14 mobil umum dan 26 mobil dinas. “Tidak ketinggalan pula kendaraan Tempur (Ranpur) 40 unit juga ikut diperiksa surat-suratnya,” papar dia.

Pemeriksaan ini sifatnya hanya preventif/pencegahan hanya dicatat. Jadi mengedepankan Provos Satuan, bagi prajurit yang tidak lengkap dicatat selanjutnya diberikan batas waktu untuk melengkapi.

“Bagi anggota yang tidak mempunyai SIM TNI akan diadakan pembuatan secara kolektif dan dibantu pengurusannya di Madenpom IV/2 Yka. Setelah tahap preventif ini selanjutnya akan dilaksanakan tahapan penindakan di lapangan, baik operasi di jalan maupun tempat-tempat lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Dayonif Mekanis Raider 412/BES/6/2 Kostrad Mayor Inf Mochamad Renaldy H., S.Sos. mengatakan, pemeriksaan ini merupakan tindakan satuan untuk mencegah adanya penyimpangan dalam berkendaraan. Salah satu cara satuan untuk mendisiplinkan bagi Prajurit 412 Kostrad.

“Bahwa setiap kendaraan harus dilengkapi dengan administrasi kendaraan, selain itu kelengkapan kendaraan juga harus menenuhi standar keamanan,” tegasnya. (wan)