Polres Boyolali Gelorakan Gerakan Mencuci Tangan Secara Benar dan Baik Demi Kesehatan

TEPIANINDONESIA.COM-BOYOLALI-Kapolres Boyolali AKBP Rachmad Nur Hidayat, menggelorakan gerakan mencuci tangan yang baik dan benar, Jumat 13 Maret 2020. Kegiatan dalam rangka mensukseskan Program Kapolda Jateng yaitu Program Jumat Sehat, ini berlangsung di SMPN I Boyolali Jalan Merbabu Boyolali.

Pada kegiatan tersebut, kapolres didampingi Ketua Bhayangkari Polres Boyolali Ny. Intan Rachmad mengatakan, Polda Jawa Tengah peduli akan kesehatan. Tujuan acara ini dilaksanakan serentak di Kabupaten Boyolali oleh Polres Boyolali dan jajarannya untuk membiasakan hal yang baik kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan dan hidup sehat.

“Masyarakat sudah biasa cuci tangan, tetapi bagaimana mencuci tangan yang baik dan benar mungkin sering terlupakan atau bisa juga tidak tahu. Di sini kita menggelorakan kembali dan mengingatkan ke basik cara mencuci tangan yang baik dan benar. Yakni dengan enam langkah menurut standar badan WHO. Ini dilakukan untuk menghindari dan mencegah penyakit, yang kebetulan saat ini baru ramai-ramainya dipemberitaan tentang penyakit virus corona,” ungkapnya.

Dijelaskan kapolres, gerakan menggelorakan mencuci tangan yang baik dan benar ini juga sangat bermanfaat untuk menjadi pola hidup sehat secara umum. Selain itu sebagai ajang edukasi sangat baik bagi anak-anak sekolah TK, SD, SMP, SMA dan seluruh masyarakat di Boyolali.

Kasubbag Humas Polres Boyolali AKP Eddy Lillah menambahkan, pada kegiatan ini Polres Boyolali juga membagikan 1000 buah hand sanitizer dan 1000 lembar stiker panduan mencuci tangan yang baik dan benar. Ini dilakukan di di SMPN 1 Boyolali juga di simpang 5 patung kuda, Pasar Boyolali Kota, Pasar Sunggingan Boyolali, TK Bhayangkari di Komplek Kantor Satlantas, SMAN 1 Boyolali, SMPN 2 Boyolali, SDN 3 Boyolali dan SMK Bhineka Karya 2 Boyolali.

Kepala SMPN I Boyolali Nurnaningsih menyampaikan ucapan terima kasih banyak kepada Kapolres Boyolali AKBP Rachmad Nur Hidayat dan jajarannya yang telah mengadakan kegiatan sangat bagus dan baik ini di SMPN I Boyolali. Kami sangat bangga dan merasa senang sekali dijadikan mitra Polres Boyolali untuk gelorakan edukasi kesehatan.

Di SMPN I Boyolali sendiri sudah digalakkan kegiatan cara hidup sehat dan cara cuci tangan yang baik dan benar. Di lingkungan sekolah SMPN 1 sudah disediakan beberapa tempat untuk cuci tangan di luar halaman atau yang mau masuk kelas para siswa.

“Jadi siswa-siswi, karyawan, guru bisa dengan mudah mencuci tangan jika diperlukan selain itu juga ada surat edaran Kemendikbud No. 20 tahun 2020 untuk hidup sehat, sehingga sekolah menindaklanjuti dengan membuat surat edaran melalui paguyuban di kelas-kelas dan disosialisasikan ke seluruh warga sekolah, guru, karyawan, siswa sampai orang tua siswa untuk bisa hidup sehat,” katanya. (wan)