Arpus Kabupaten Boyolali Gelar Lomba Bercerita di Kalangan Pelajar untuk Budayakan Minat Baca

TEPIANINDONESIA.COM-BOYOLALI-Untuk menumbuhkembangkan minat baca siswa, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Boyolali mengadakan Lomba Bercerita SD/MI Tingkat Kabupaten Boyolali.

Kegiatan yang dilaksanakan di Perpustakaan Daerah Kabupaten Boyolali pada Selasa 10 Maret 2020 ini merupakan agenda rutin tahunan diikuti oleh 19 siswa siswi se-Kabupaten Boyolali.

Ketua Panitia, Paiman mengungkapkan bahwa melalui lomba bercerita ini, para siswa dapat meningkatkan budaya gemar membaca. “Supaya anak-anak gemar membaca, budaya baca mereka meningkat. Sehingga dengan membaca, bisa bercerita, bisa mengetahui tentang dunia,” ungkapnya di sela perlombaan.

Tahun ini menurut Paiman, peserta diwajibkan untuk bercerita mengenai cerita lokal yang ada di Kabupaten Boyolali. Hal tersebut dengan tujuan agar anak anak dapat mengetahu cerita cerita lokal, sehingga cerita lokal tidak akan hilang seiiring dengan perkembangan jaman.

“Kita mengambil cerita lokal yang ada di Kabupaten Boyolali. Kita menggali cerita lokal supaya diketahui oleh anakanak,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Arpus Kabupaten Boyolali, Siti Askariyah mengatakan melalui lomba bercerita ini dapat dimanfaatkan sebagai media menanamkan cinta kebudayaan bangsa, membangun pendidikan karakter, meningkatkan kecerdasan, inovasi serta daya kompetitif bangsa.

“Melalui cerita kita membangun karakter anak kita. Selain itu, guru juga bisa membangun karakter melalui cerita. Anak anak dibudayakan membaca, mengetahui, berinovasi, kreasi, berkarya atau produktif,” katanya.

Dengan durasi waktu sekitar 10 hingga 20 menit bercerita, para peserta memperebutkan Juara I, II, III, Haparan I, Harapan II dan Harapan III. Para juara akan mendapat uang pembinaan, piala dan piagam penghargaan. 
Juara Harapan III diraih oleh Nabila Rahma Anastsya dari SD Negeri 1 Bangak; Kecamatan Banyudono, Harapan II diraih Asalwa Aulia Miftah dari SD Negeri 2 Tanjung; Kecamatan Klego, dan Harapan I didapat oleh Novia Damayanti dari SD Negeri Drajidan, Kecamatan Musuk.

Untuk Juara III berhasil disabet oleh Larasati Sekartaji dari SD Negeri Klewor, Kecmatan Kemusu, kemudian juara II diraih Restu Galuh Pratiwi dari SD Negeri Sidomulyo, Kecamatan Ampel. JAdapun juara I berhasil diraih Nafysa Hany Kinanty dari SD Negeri Tegalrejo, Kecamatan Sawit dan berhak mewakili Kabupaten Boyolali maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah. (wan)