DP2KBP3A Boyolali Gelar Pembentukan dan Penguatan Forum Anak Kecamatan melalui Konvensi Hak Anak

TEPIANINDONESIA.COM-BOYOLALI-Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Boyolali melaksanakan kegiatan Pembentukan dan Penguatan Forum Anak Kecamatan Melalui Konvensi Hak Anak.

Bertempat di Pendopo Alit Rumah Dinas Bupati Boyolali, Selasa 10 Maret 2020, peserta diberi materi dan pelatihan penguatan mengenai perlindungan dan konvensi hak anak.  

Acara yang diikuti 90 peserta dari lima kecamatan yang ada di Kabupaten Boyolali yakni Kecamatan Cepogo, Banyudono, Ampel, Karanggede, Simo ini mengangkat tema “Milenial Cermat, Boyolali Hebat”. Pada kesempatan tersebut disampaikan pula mengenai kasus dan kewaspadaan anak Indonesia di Era Revolusi Industri yang sarat akan kemajuan teknologi yang mampu merubah mental dan psikologi anak. 

“Dimana peran dan fungsi 2P (Pelopor dan Pelapor) merupakan hal penting yang wajib dimiliki anak demi mewujudkan Boyolali sebagai Kabupaten Layak Anak,” ungkap Kepala DP2KBP3A Kabupaten Boyolali, Dasih Wiryastuti.

Ditambahkan, pihaknya menilai bahwa Forum Anak mengambil peran penting dalam menyongsong masa depan sebagai penerus generasi bangsa terutama di Boyolali.

“Melatih softskill dan kemampuan anak dalam menjadi pelopor dan pelapor dalam perlindungan anak. Tidak hanya belajar dan fokus pada akademik namun harus juga mampu mengolah kemampuan verbal di Forum Anak”, ujarnya.

Pembentukan dan penguatan Forum Anak Kecamatan melalui Konvensi Hak Anak kali ini mencoba memberikan berbagai simulai dan pelatihan mulai dari Simulasi Sidang PBB yang berfokus dalam Perwujudan Hak-Hak Anak serta Pelatihan dalam Rangka Menyampaikan usulan dalam Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) Daerah. (wan)