TANGKAL COVID-19: Pemkab Boyolali Ajak Masyarakat Kampanye Germas, Lingkungan Setda Disemprot Disinfektan

TEPIANINDONESIA.COM-BOYOLALI-Pemkab Boyolali melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan penyemprotan disinfektan untuk mengantisipasi penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19).

Penyemprotan dimulai dari Halaman Kantor Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali, kemudian penyemprotan dilakukan hingga Kantor Bupati Boyolali, tempat tempat ibadah, seluruh kantor dan fasilitas publik yang berada di sekitar Alun-alun Kidul Kabupaten Boyolali, pada Kamis 19 Maret 2020.

Dalam kegiatan tersebut, Dinkes Kabupaten Boyolali tidak lupa untuk selalu mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Kota Susu. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah dan menangkal penularan penyakit Covid-19 yang kian merebak di berbagai daerah.

“Kita punya senjata andalan yaitu program GERMAS. Dimana dengan program GERMAS itu akan mampu menghambat laju penularan penyakit Covid-19,” jelas Kepala Dinkes Kabupaten Boyolali, Ratri S Survivalina.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, M. Said Hidayat yang juga hadir mengatakan bahwa pembersihan di wilayah Kabupaten Boyolali akan dilakukan bersama dan serentak. Selain itu, Wabup Said juga meminta peran serta seluruh elemen masyarakat untuk bersatu melawan virus yang meresahkan masyarakat ini.

“Hanya ada dua antibodi yang paling hebat. Yakni S S, semangat dan senyuman. Karena dengan semangat seperti ini, virus akan lari. Dengan senyuman, penyakit akan menghindar,” ujar Wabup Said.

Untuk itu, Wabup Said mengajak kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang menghadapi wabah virus corona ini serta tetap menjaga kondisi agar aman dan tetap stabil.

Sebagai tambahan informasi, program GERMAS yang digaungkan Dinkes Kabupaten Boyolali merupakan program kesehatan untuk menjaga kebersihan individu maupun lingkungan terkait dengan tindakan pencegahan virus corona. Antara lain, melakukan cuci tangan memakai sabun pada air mengalir, karena virus corona itu akan mati jika terkena air sabun dan terkena disinfektan.

Kemudian, yang kedua dengan makan makanan yang bergizi yang bisa yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Ketiga yakni dengan mengkampanyekan olahraga rutin untuk membangun kekebalan dan yang keempat yaitu melaksanakan kegiatan disinfeksi di seluruh wilayah Kabupaten Boyolali. (wan)