Demi Memutus Penyebaran Virus Corona, Pelayanan Dispendukcapil Sragen Terapkan Sistem Online

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Pelayanan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sragen menerapkan pelayanan sistem online. Hal itu dilakukan demi mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang semakin meluas di Indonesia.

Pengumuman mulai berlaku sejak Kamis 19 Maret 2020, pelayanan mulai pukul 08.00 WIB. Pada hari Jumat pelayanan mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Sedangkan mulai Senin depan pelayanan bakal diberlakukan pelayanan website online.

“Jadi pelayanannya tidak lagi dilakukan dengan tatap muka antara masyarakat dan petugas dispendukcapil,” jelas Kepala Dispendukcapil Sragen Wahyu Lwiyanto, ketika ditemui di kantornya Jumat 20 Maret 2020.

Pelayanan online ini berdasarkan pengumuman nomor: 474/1039/024/202 Instruksi Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri. Dalam melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan sistem ini untuk mengurangi penularan Virus Corona.

Dengan kebijakan ini, Wahyu mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk memaklumi situasi saat ini demi keamanan bersama. Dengan wabah corona ini, pihaknya menerapkan sistem secara online. “Jadi yang sudah datang ke sini kami arahkan ke online,” jelas dia.

Menurut Wahyu, pelayanan kependudukan saat ini bisa dilakukan masyarakat di rumah. Yakni dengan mengakses situs website yang telah disediakan. Nantinya data akan diproses petugas dan akan diantar ke rumah pemohon melalui petugas Kantor Pos.

“Langkah ini kita ambil untuk menekan penyebaran virus corona. Harapan kami pendaftaran secara online masyarakat tidak harus datang ke dinas. Nantinya bakal di antarkan ke rumah dengan catatan masyarakat membayar kontribusi dan kami sudah ngomong ngomong ke pihak PT Pos biaya tidak sampai Rp 10.000,” ujarnya. (reporter: Huriyanto)