Tepian Indonesia

Satu Aksi Bhakti Negeri: Ormas KITA SATU Buka Posko Peduli Tanggap Covid di Surakarta, Ini Aksinya di Masyarakat

TEPIANINDONESIA.COM-SURAKARTA-Organisasi Masyarakat (Ormas) Kita Satu membuka Posko Peduli Tanggap Covid-19, di Jalan Pelatuk Nomor 31, Manahan, Banjarsari, Solo, Jumat 19 Maret 2020. Langkah ini diambil sebagai bentuk kepedulian tanggap bencana sesuai dengan slogan yang digaungkan, yakni “Satu Aksi Bhakti Negeri”.

“Bermula di Kota Surakarta, Ormas Kita Satu menjadi yang pertama tanggap bencana. Yakni dengan merealisasikan pembuatan Posko Peduli Tanggap Covid-19,” kata Ketua Umum Kita Satu D. Budi Utomo, dalam rilis yang diterima redaksi, Selasa 24 Maret 2020.

Salah satu tujuan didirikannya posko ini, lanjut dia, tidak lain dan tidak bukan adalah sebagai sarana sosialisasi. Aksi ini sesuai arahan dari pemerintah untuk memulai bersama-sama bekerja dan berkegiatan di rumah dalam menghadapi atau melawan wabah Covid-19.

“Adapun tujuan lain dari didirikannya posko ini juga sebagai bentuk kepedulian Ormas KITA SATU dalam ikut menanggulangi bencana wabah Covid-19. Kami memberikan bantuan selayaknya yang diperuntukan kepada masyarakat Kota Surakarta pada khususnya,” ujarnya.

Dalam aksi ini, relawan mengkampanyekan pesan-pesan sosial, seperti halnya bersama-sama memerangi wabah virus corona. Selain itu mengimbau masyarakat untuk tetap berkegiatan di rumah. Kemudian menyerukan agar masyarakat menghindari kerumunan masal.

“Yang tidak kalah pentingnya menjaga jarak aman saat bersamaan dan selalu menjaga kebersihan. Ini beberapa poin pesan yang selalu disampaikan saat tim dari KITA SATU dalam mendistribusikan bantuan,” tandas Budi.

Aksi menyalurkan bantuan ini melalui strategi tepat. Teknis pendistribusian pun juga tidak menimbulkan efek keramaian masal. Sehingga tepat sasaran dan sesalu mendapatkan apresiasi positif dari semua warga masyarakat Surakarta pada khususnya.

Bentuk bahan bantuan yang disalurkan Posko Kita Satu Peduli cukup beragam. Melihat segmentasi dasarnya, relawan memberikan bantuan sembako, seperti beras, gula, mi instan, hand sanitizer, masker dan lain sebagainya.

“Mengingat kesiapan ketersediaan stok dari Posko Kita Satu Peduli, hingga Senin 23 Maret 2020, distribusi bantuannya mencapai 2.300 bingkisan. Jumlah ini tentunya akan terus ditambah dengan mengembangkan area distribusi. Termasuk nantinya diperuntukan kepada rumah sakit rujukan penanggulangan virus corona yang berada di Surakarta.

“Posko KITA SATU PEDULI (SOLO) yang sudah berjalan ini merupakan langkah awal yang akan diteruskan oleh Pengurus Wilayah Ormas KITA SATU lainnya. Seperti DPW atau Provinsi Jambi, Lampung, Jakarta, Kota Bandung, Kota Surabaya, Kupang maupun Provinsi di kota lainnya sesuai dengan kepengurusan Ormas KITA SATU di Indonesia ini,” papar Budi. (wan)