Lagi…! Perusakan Tugu Perguruan Silat Terjadi di Sragen Jawa Tengah, Pelaku Diburu

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Lagi-lagi perusakan simbol perguruan silat kembali di Sragen, Jawa Tengah. Perusakan terhadap tugu Persaudaraan Setia Hati Terate ( PSHT) terjadi di Kampung Mojomulyo Rt 1, Kelurahan Sragen Kulon, Kecamatan Sragen Kota, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah, Senin 6 April 2020 sekitar dini hari.

Dugaan sementara perusakan tugu simbol PSHT Sragen pelaku lebih dari satu orang. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun tugu berdiri di sebelah selatan perlintasan kereta api Mojo itu, di rusak dengan dilempar cat warna kuning dan tangan patung sebelah kiri dirusak hingga putus.

Ketua Rayon PSHT Sragen Kulon, Iwan Andriyanto LG mengatakan rusaknya patung diketahui jam 06.00 WIB pagi tadi. Pihaknya menduga pengrusakan dilakukan lebih dari satu orang pada rentang waktu antara pukul 03.00-04.00 WIB.

“Kalau melihat yang dirusak, kemungkinan pelakunya lebih dari satu. Tugunya disiram, tangan sebelah kiri patung dirusak,”jelasnya.

Kapolsek Sragen Kota, Iptu Mashadi tadi pagi langsung melakukan olah TKP di lokasi bersama tim unit Reskrim dan Babhinkamtibmas.

Ia kemudian memberikan pengarahan kepada para warga PSHT yang berkumpul di lokasi tugu. Dalam arahannya, ia menyampaikan bahwa karena tidak ada saksi mata yang mengetahui persis, maka laporan diminta ditangguhkan dulu sembari menunggu perkembangan jika sudah ada saksi.

Selain itu, penangguhan dilakukan demi menjaga kondusivitas karena situasi saat ini semua tengah fokus untuk memerangi wabah covid-19.

Tadi kami tahunya dilapori jam 10.00 WIB dan kami langsung ke sini. Awalnya mereka mau laporan, tapi kami minta pemahaman karena situasi sedang fokus penanganan covid-19, agar sementara kondusif dulu sambil melihat perkembangan kalau ada bukti dan saksi-saksi. Karena tidak ada saksi yang melihat persis pengrusakan, petugas jaga perlintasan kereta pun juga nggak ada yang tahu,” ujarnya. (reporter: Huriyanto)