Puting Beliung Terpa Wilayah Kecamatan Tanon Sragen Bikin Rumah Rusak dan Pohon Tumbang Melintang di Jalan

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Hujan deras disertai angin terjang menerpa sejumlah wilayah di Sragen. Sejumlah pohon dan rumah warga menjadi korban keganasan angin yang terjadi pada Jumat sore 11 April 2020.

Salah satu daerah yang diterjang angin tersebut yakni wilayah Desa Selogo, Desa Ketro dan Desa Jono, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Provinsi jawa Tengah.

Sejumlah pohon jati ukuran besar di Jalan raya Gemolong – Gabugan terdapat 4 pohon jati tumbang, sedangkan di Jalan Raya Gabugan – Sidoharjo terdapat 2 pohon jati besar ikut tumbang.

Besarnya tiupan angin disertai hujan deras diceritakan langsung oleh Harun (50), warga Margorejo Desa Jono, Tanon, Sragen. Menurutnya angin yang terjadi saat sore tadi sangat kecang bahkan rumah miliknya hampir saja menjadi korban pohon tumbang.

“Suaranya krosak bruk gitu, pas ada angin untung saja tadi tidak ada yang melintas dibawahnya,” tuturnya.

Hujan deras dan angin kecang sudah terasa sejak beberapa saat sebelum kejadian, Harun sempat menutup pintu rumah untuk menghindari angin masuk ke dalam rumah. ” Takut tadi, saya langsung ngunci pintu rumah agar angin dan air hujan tidak masuk ke dalam, ya alhamdulillah semua selamat dan pohon jati itu memang udah usia tua mudah tumbang kalau kena hujan dan angin,” jelasnya.

Sementara itu, kejadian serupa juga terjadi diwilayah kecamatan sumberlawang. Sejumlah pohon tumbang dan atap rumah milik warga ikut menjadi korban ganasnya angin.

Wilayah yang terdampak antara lain Dukuh Alas Kobong, Desa Ngargotirto, Dukuh Sendangrejo, Desa Jati, Dukuh Toro Lor, Desa Kacangan, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen.

Dalam evakuasi ini petugas baik BPBD, PMI, TNI, Polri dan warga gotong royong membersihkan puing puing atap rumah dan pohon tumbang. (reporter: Huriyanto)