Tepian Indonesia

Jogo Tonggo, Kades Banyuurip Haryanto Ajak Perangkat Desa Bagikan Masker Keliling Kampung

TEPIANINDONESIA.COM-BOYOLALI-Wabah pandemi virus corona atau Covid-19 sungguh menggerakkan hati seluruh masyarakat Indonesia. Tak terkecuali perangkat Desa Banyuurip, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Yakni menyukseskan program Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tentang ”Jogo Tonggo”.

Diinisiasi oleh Kepala Desa (Kades) Banyuurip Haryanto, mereka rela keliling kampung menggelar sosialisasi pencegahan Covid-19. Sosialisasi pencegahan dinilai harus terus didengungkan agar wabah ini tidak masuk ke wilayah desa mereka. ”Aksi ini sudah kami lakukan yang keempat kalinya demi menjaga tetangga dari virus corona,” terang Haryanto, Senin 4 Mei 2020.

Aksi sosialisasi ini, perangkat desa menumpang mobil pikap yang sudah didesain ada tempat duduk. Mobil pikap ini keliling kampung dimulai dari Balai Desa Banyuurip hingga pelosok kampung di perbukitan. ”Kami menginginkan seluruh warga mendapat pencerahan tentang penanggulangan Covid-19,” papar dia.

Selain sosialisasi, perangkat desa membagikan masker ke warga. Mereka berpesan kepada masyarakat selalu memakai masker dalam setiap aktivitas. ”Ribuan masker sudah disalurkan ke masyarakat. Salah satu menangkal virus ini adalah dengan pemakaian masker,” tegas Kades Haryanto.

Pencegahan Covid-19 juga dilakukan dengan cara menyalurkan bantuan sabun cair, cairan handsanitizer, dan cairan disinfektan. Tiga jenis bantuan ini diberikan kepada ketua RT masing-masing dukuh. ”Kemudian digunakan untuk penyemprotan dan dibagikan ke masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, bagi perantau yang belum telanjur mudik, diharapkan tetap bertahan di perantauan. Imbauan ini dilakukan semata-mata untuk menjaga masyarakat di rumah dari penularan Covid-19. ”Ini imbauan untuk menjaga kesehatan bersama. Bukan apa-apa, tapi semata-mata mencegah Covid-19,” katanya. (wan)