Tepian Indonesia

Ini Cara Alumni Pemuda PMK Kecamatan Klego Boyolali Jawa Tengah Bantu Pemerintah dalam Penanggulangan Covid-19

TEPIANINDONESIA.COM-BOYOLALI-Kepedulian sosial dilakukan para alumni Pemuda Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Kecamatan Klego, Senin 4 Mei 2020. Mereka kompak menggelar bakti sosial dengan cara menyalurkan sembako kepada masyarakat yang masuk ketagori keluarga miskin (gakin) terdampak pandemi corona atau Covid-19.

Ada 14 kepala keluarga (KK) yang tersebar di 13 desa di Kecamatan Klego menjadi sasaran bakti sosial Alumni Pemuda PMK Kecamatan Klego. Aksi sosial ini digelar selama dua hari, yakni Minggu 3 Mei 2020 dan Senin 4 Mei 2020.

”Kegiatan pada hari Minggu pagi 3 Mei 2020, para alumni Pemuda PMK menyalurkan bantuan di enam desa. Kemudian dilanjutkan pada hari ini (Senin 4 Mei 2020) di tujuh desa,” terang Kepala Seksi (Kasi) SPM Kecamatan Klego Ifticha Shobaroh, selaku pembina alumni PMK Kecamatan Klego.

Dalam sambutannya, Sekretaris Camat (Sekcam) Klego Edi Sukamto mengatakan, para alumni Pemuda PMK harus aktif meskipun dalam kondisi puasa. Terlebih saat ini tengah dilanda pandemi Covid-19. ”Semua elemen masyarakat harus bahu-membahu dalam penanggulangan Covid-19,” ujarnya dalam pemberangkatan roadshow di Koramil Klego, Senin 4 Mei 2020.

Sumber bantuan sembako ini adalah swadaya dari alumni Pemuda PMK. Mereka secara sukarela menyumbangkan berbentuk barang, di antara sembako dan masker. Lantas bantuan ini disalurkan kepada warga yang berhak menerima.

Misalnya salah satu penerima di Desa Bade, Kecamatan Klego, Boyolali. Akses menuju rumah calon penerima ini sulit terjangkau. Rombongan harus jalan kaki dari jalan kampung menuju rumah calon penerima melalui perkebunan.

Kemudian ada juga calon penerima yang mengalami kelumpuhan sejak lahir. Lantas warga jompo yang benar-benar sudah tidak bisa beraktivitas. ”Mereka yang menerima bantuan ini sudah disurvei. Jadi benar-benar yang belum sama sekali mendapat bantuan dari pemerintah,” terang Ketua Alumni Pemuda PMK Kecamatan Klego Amin Suprihatin. (wan)