Besok New Normal, Tapi Seperti Ini Kondisi Pasar Tradisional di Sragen

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Satu hari jelang New Normal Sragen 10 Juni 2020, masih banyak masyarakat yang menghiraukan kondisi kesehatan mereka di luar rumah. Salah satunya sejumlah pengunjung pasar tradisional dan pedagang tanpa menggunakan masker dan protokol kesehatan covid-19.

Pantauan di lapangan beberapa pasar tradisonal di Sragen seperti pasar Sumberlawang, pasar Gabugan Tanon, Pasar Gading Tanon dan bahkan pasar pasar di desa-desa masih banyak warga yang tidak mengunakan masker. Bahkan ada juga pengunjung pasar dan pedagang memakai masker hanya di gantung di leher maupun ada juga masker hanya digunakan untuk menutupi mulut.

Wagirah (60), pengunjung Pasar Sumberlawang mengaku dirinya tidak menggunakan masker dengan alasan lupa. Dirinya juga mengaku tidak mengetahui bahwa setiap mengunjungi pasar tradisional tidak mengetahui kalau diwajikan menggunakan masker.

”Ya lupa tadi dari rumah keburu buru, kalau virus corona tau mas yang ada diberita tv itu. Cuma sampai pasar sini lihat pengunjung yang lain tidak makai masker saya kira juga aman aman saja,” kata dia sambil belanja sayuran, Selasa 9 Juni 2020.

Sementara itu, kondisi serupa juga terjadi di pasar Gading Tanon, puluhan pengunjung pasar dan pedagang masih banyak yang tidak mengunakan masker. Banyak masyarakat yang menghiraukan keamanan setelah pemerintah kabupaten Sragen mengumunkan bakal dimulai New Normal, banyak masyarakat berangapan New Normal adalah berakhirnya wabah pandemik corona.

Siti (32) salah satu pengunjung pasar Gading Tanon menurutnya New normal sudah berakhir wabah corona menurutnya tanpa menggunakan masker lantaran dirasa diwilayahnya masih aman dari virus corona atau covid-19.

”Ya kalau disini kayaknya ya masih aman sih mas, ya cuma kemarin juga agak takut mendengar kalau di wilayah desa Kalikobok sudah ada yang positif corona. Ya mudah mudahan jangan sampai wilayah sini,” jelasnya.

Selain itu pemandangan di Pasar Gabugan Tanon banyak pedagang dan pengunjung lalu-lalang keluar masuk pasar mengunakan masker dan ada juga masyarakat yang tidak mengunakan masker.

Sebelumnya, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati atau yang sering disapa Mbak Yuni menyampaikan bahwa pemkab bakal membuka New Normal. Ada beberapa sektor yang akan mulai diaktifkan kembali aktivitasnya seperti sektor keagamaan, sektor ekonomi.

Bupati juga mewanti wanti pada masyarakat Sragen bahwa pandemi belum selesai. Maka perlu tetap mengikuti protokol kesehatan.

”Selama beberapa pekan ini sudah berhasil menekan angka covid-19, sehingga kita bisa mengambil langkah-langkah persiapan new normal dilaksanakan mulai tanggal 10 Juni nanti. Ada beberapa sektor nanti dibuka kembali dan ada beberapa sektor yang lain yang belum bisa dibuka seperti sektor pendidikan dan pariwisata masih membutuhkan beberapa kajian,” ujarnya. (reporter: Huriyanto)