Tepian Indonesia

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan, Pemerintah Desa Blumbang Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali Siap Terapkan New Normal

TEPIANINDONESIA.COM-BOYOLALI-Jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali menerapkan kebijakan New Normal atau kehidupan baru pelayanan pemerintah desa, Pemdes Blumbang Kecamatan Klego siap menjalankannya. Terutama dalam pelayanan pemerintahan di kantor desa.

Hal ini sudah disampaikan ke masyarakat bahwa pelayanan kependudukan dan lainnya mulai dibuka meski masih dalam batasan-batasan. Misalnya, warga yang hendak mengurus surat administrasi, wajib mengenakan masker. “Kalau warga ke kantor desa tidak memakai masker, saya minta balik ke rumah ambil masker,” tegas Kepala Desa (Kades) Blumbang Widayanto, Senin 15 Juni 2020.

Selain mewajibkan masyarakat mengenakan masker, pihaknya juga mewajibkan seluruh perangkat desa mengenakan masker bila melayani masyarakat. Lantas sebelum masuk kantor, semua wajib cucu tangan menggunakan sabun. “Kami menyediakan tempat cuci tangan di depan pendapa balaidesa,” ujarnya.

Bidang pendidikan, pihaknya juga menyatakan sudah siap New Normal. Misalnya pengelola PAUD desa setempat sudah mulai menyiapkan berkas pendaftaran calon anak didik. Jika New Normal diberlakukan, pihak pengelola PAUD menyiapkan tempat cuci tangan di depan sekolah. “Pengelola PAUD sudah masuk menata arsip,” papar dia.

Desa Blumbang memiliki kawasan Desa Wisata Bukit Wonopotro di Dukuh Glagahombo. Pemerintah Desa Blumbang kini terus berbenah di lokasi objek wisata. Langkah ini dilakukan jika sewaktu-waktu New Normal diberlakukan. “Kami sudah koordinasi dengan pengelola objek wisata untuk menyiapkan segala sesuatunya jika sewaktu-waktu dibuka,” jelas Widayanto.

Persiapan itu misalnya, menyediakan tempat cuci tangan di pintu gerbang objek wisata. Kemudian pengelola objek wisata terus berbenah dan membersihkan lokasi objek wisata. “Sudah banyak masyarakat yang tanya apakah Bukit Wonopotro sudah dibuka, ya kami jawab belum karena belum New Normal. Kalau sudah New Normal, kami segera informasikan ke masyarakat,” terangnya.

Di bidang lain, masyarakat juga beraktivitas biasa di rumah. Namun kami minta setiap aktivitas untuk memakai masker dan rutin cuci tangan sehabis beraktivitas. Di Bidang kesehatan, keagamaan dan pembangunan infrastruktur sudah siap menerapkan New Normal.

“Di Desa Blumbang rata-rata ODP, tidak ada yang PDP. Sampai sekarang Alhamdulillah aman dari Corona. Semoga seterusnya,” jelasnya. (wan)