Tepian Indonesia

Pemkab Boyolali Bantu Pembangunan Masjid dan Mushala di Kecamatan Cepogo

TEPIANINDONESIA.COM-BOYOLALI-Dua masjid dan satu mushala di Kecamatan Cepogo mendapatkan bantuan sosial (bansos) pembangunan tempat ibadah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali. Masjid tersebut yakni Masjid Sabilul Muttaqin di Dukuh Sidorejo dan Masjid Bahrul Hidayah di Dukuh Lerep di Desa Cabeankunti.

Ada pula sebuah mushala di Desa Candigatak. Tahap pertama bansos yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Boyolali Tahun Anggaran 2020 sebesar Rp 980 juta terbagi dalam 19 titik. 

Pemberian bantuan secara simbolis diserahkan Ketua DPRD Kabupaten Boyolali, S. Paryanto yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali, Masruri pada Selasa (30/6/2020) di lingkungan masjid setempat.

Sekda Masruri mengungkapkan bahwa Masjid Bahrul Hidayah mendapatkan bantuan sebesar Rp. 100 juta dan masjid Sabilul Muttaqin mendapatkan bantuan sebesar Rp. 150 juta. Serta satu mushala mendapat kucuran Rp. 100 juta untuk pembangunan.

“Masyarakat diharapkan lebih giat beribadah, didorong oleh pemerintah dengan pembangunan (masjid). Masyarakat lebih semangat untuk membangun dan lebih cepat selesai agar dapat digunakan untuk beribadah,” jelas Sekda Masruri.

Selain itu, Paryanto dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk selalu hidup rukun. “Mari sama sama rukun dengan tetangga,” pesan Paryanto.

Selanjutnya untuk tahap kedua penyaluran bansos diperkirakan pada bulan September mendatang selain untuk tempat ibadah juga diperuntukkan lembaga sosial dan pondok pesantren (ponpes). Total anggaran di tahap kedua sebesar Rp 1.725.000.000 terbagi dalam 31 titik di 22 kecamatan.

Selain itu juga diperuntukkan bagi enam lembaga sosial ponpes dan tiga tempat peribadatan selain masjid. (wan)