Polisi Militer Subdenpom Purworejo Intensif Razia Kendaraan, Selain Aparat Keamanan Juga Tertibkan Warga Sipil Pakai Atribut Militer

TEPIANINDONESIA.COM-PURWOREJO-Kepatuhan terhadap hukum tak hanya diberlakukan terhadap masyarakat sipil. Melainkan juga setiap aparat keamanan. Untuk itu Sub Detasemen Polisi Militer (Subdenpom) IV/2-2 Purworejo melaksanakan razia kendaraan, Kamis 6 Agustus 2020.

Razia kendaraan yang berlangsung di Jalan Brigjen Katamso No 74, tepatnya depan SDN 1 Pangenrejo, Purworejo, ini dipimpin oleh Kapten Cpm Rusmanaji, Dansubdenpom Purworejo. Setiap Prajurit dan PNS TNI AD yang melintas dihentikan untuk diperiksa kelengkapan berkendara.

Yakni meliputi surat-surat nyata diri dan surat kendaraan bermotor serta kelengkapan kendaraan. Sementara, sasaran lain dalam razia itu juga setiap pengguna jalan yang kedapatan menggunakan atribut Militer seperti pakaian, jaket (standar TNI) hingga stiker yang ditempel di kendaraan atau pelat nopolnya ditertibkan.

“Tentu warga sipil yang pakai atribut Miiliter juga kami tertibkan. Kami tidak ingin atribut TNI disalahgunakan oleh oknum tak bertanggungjawab. Bahkan, anggota saja tidak diperkenankan menempel stiker di kendaraan pribadinya,” terangnya.

Warga sipil yang terjaring itu lantas diminta melepas stiker dari kendaraannya. “Kami tidak ingin melepasnya. Tapi kami minta agar dilepas sendiri. Sembari kami kasih pengertian agar tidak lagi mengenakan atribut Miiliter semacam itu,” tandas Kapten Cpm Rusmanaji.

Razia ini akan terus dilaksanakan guna untuk melaksanakan penertiban, khususnya bagi prajurit dan PNS TNI AD di wilayah hukum Subdenpom Purworejo. Tujuannya guna meningkatkan tertib berlalu lintas di jalan raya dn mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas. (wan)