Patuhi Protokol Kesehatan, Perayaan HUT RI Ke-75 di Sragen Tetap Meriah meski di Tengah Pandemi

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Perayaan HUT Republik Indonesia ke-75 tetap semarak meski di tengah pandemi Covid-19. Seperti warga Dukuh Ngemplak, Desa Dari, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen Minggu 16 Agustus 2020.

Meski masa pandemi belum usai namun, semangat nasionalisme masyarakat Dukuh Ngemplak tetap berkobar. Tirakatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75 dilaksanakan pada Minggu 16 Agustus 2020. Lomba-lomba seperti balap karung, makan krupuk, dan pensil botol dipilih karena memiliki alasan tertentu.

“Lomba-lomba yang kita pilih harus tetap memenuhi protokol kesehatan yang sudah diatur oleh pemerintah. Seperti pensil botol, balap karung, dan lainnya yang sekiranya lomba itu dilakukan secara individu bukan secara team agar phsyical distancing tetap bisa diterapkan,” terang Aan, ketua Pemuda Dukuh Ngemplak.

Dalam gelaran itu, panitia menyediakan hand sanitizer untuk warga setempat yang mau menonton lomba. Panitia juga menutup jalan desa agar tak ada warga lain yang masuk ke desa. “Jadi benar-benar hanya warga setempatlah yang ikut lomba dan menyaksikannya,” tutur dia.

Hal senada diungkapkan Adi Sutrisno, warga Dukuh Ngemplak. Adanya lomba tujuh belasan untuk mengingat para pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan. “Kita sebagai masyarakat Republik Indonesia wajib mengingat perjuangan para pahlawan terdahulu,” ujarnya.

Dalam merayakan kemerdekaan, warga Dukuh Ngemplak tak hanya mengadakan lomba saja. Namun juga menghias sepanjang jalan kampung dan pemasangan bendera merah putih. (Muh. Tri Wahyono)