Polisi Militer Subdenpom Purworejo Ajak Seratusan Pesepeda Kayuh Sepeda di Ajang Gowes Merah Putih

TEPIANINDONESIA.COM-PURWOREJO-Polisi Militer Subdenpom IV/2-2 Purworejo mengajak seratusan pesepeda dari berbagai komunitas mengayuh sepeda bareng dalam ajang Gowes Merah Putih, Sabtu pagi 22 Agustus 2020.

Selain untuk menggairahkan olahraga sepeda, digelarnya gowes kali ini sekaligus untuk memeriahkan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pelepasan peserta ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Komandan Subdenpom IV/2-2 Purworejo, Kapten Cpm Rusmanaji. Peserta selanjutnya menempuh rute sekitar 22 Kilometer. Mulai dari Markas Subdenpom menuju Alun- Alun, BRI, – Gedung Kesenian, Phantok, Cangkrep, Kedungsari, hingga Jembatan Pelangi/Boro Wetan.

Rute berlanjut melintasi Ringroad selatan menuju Ringroad Utara. Sampai di Makam Pahlawan Projo Handoko Loyo, seluruh peserta berhenti sejenak untuk hening cipta dan mendoakan para pahlawan.

Sekembalinya di lokasi finish Markas Subdenpom, peserta tidak disuguhi hiburan serta pengundian seperti gowes-gowes umumnya. Hal itu dilakukan untuk menghindari adanya kerumunan masa yang berpotensi menimbulkan penularan Covid-19.

“Dalam Gowes Merah Putih ini kita juga tetapkan protokol kesehatan, seperti jaga jarak dan sebagainya,” kata Kapten Cpm Rusmanaji.

Diungkapkan, pandemi Covid-19 memang telah berdampak paada banyak sektor kehidupan. Namun, semangat masyarakat untuk mengisi kemerdekaan diharapkan dapat terus berkibar meski dengan cara yang penuh keterbatasan.

“Dengan berolahraga jiwa dan raga akan menjadi sehat sehingga kita tidak akan mudah terpapar virus. Adanya gowes bersama ini juga untuk memupuk persatuan dan kesatuan masyarakat Kabupaten Purworejo,” ungkapnya.

Secara teknis, pelaksanaan Gowes Merah Putih menggandeng komunitas sepeda Purworejo Cycling Family (PCF). Jumlah peserta sengaja dibatasi agar dapat lebih mudah dalam mengatur jarak.

“Pesertanya ada sekitar 150 dari berbagai komunitas sepeda di Purworejo,” kata Ketua PCF, Hariyadi. (wan)