Tepian Indonesia

Semangat Priyo Handoko, Supeltas Tugu Lilin Ampel Boyolali yang Rela Ajak Anak demi Pembelajaran Daring

TEPIANINDONESIA.COM-BOYOLALI-Tetap semangat…! Itulah tekat Priyo Handoko, petugas supeltas yang sehari-hari mengatur lalu lintas di Tugu Lilin depan Pasar Ampel, Kabupaten Boyolali.

Dia rela mengajak anaknya bernama Abidin Maulana Bahar, ke tempat mengais rezeki. Dengan harapan, dapur tetap ngebul dan si anak tidak kesusahan belajar di tengah pandemi Covid-19. Sebab, di masa pandemi ini, para siswa mengikuti pembelajaran jarak jauh atau media dalam jaringan (daring).

“Karena belajarnya harus didampingi orang tua, maka anak saya ajak ke tempat bekerja. Di sela menyeberangkan pengendara, saya mendampingi Abidin belajar menggunakan internet,” kata Priyo, Senin 31 Agustus 2020.

Abidin, anaknya Priyo ini siswa SDN 1 Ampel. Lantaran belajar menggunakan smarphone, mengharuskan Abidin belajar sambil menunggu ayahnya yang sedang bekerja sebagai supeltas. “Sehari-hari seperti ini,” tutur Priyo, sembari mengusap keringat di wajahnya.

Keadaan tersebut tidak membuat Abidin menyerah dan mengeluh dalam belajar seperti anak lainnya. Meskipun dia harus belajar di bawah tugu dan di tengah kebisingan jalan raya, tak membuat semangatnya dalam belajar luntur sedikitpun. Bocah kelas dua sekolah dasar tersebut, setia menunggu ayahnya bekerja sambil belajar.

Bagi Priyo, pendidikan adalah sebuah hak dan kewajiban yang harus dimiliki setiap anak tanpa terkecuali dan hambatan apapun. Maka, dia tetap mendampingi anaknya belajar di manapun berada. Begitu juga dengan semangat Abidin dalam belajar tersebut, keadaan apapun bukanlah sebuah alasan untuk berhenti belajar dan mengeluh. (Rizka Amalia Putri)