SLB Anugerah Karanganyar Terapkan Dua Program Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19

TEPIANINDONESIA.COM-KARANGANYAR-Sekolah Luar Biasa (SLB) Anugerah Karanganyar menerapkan dua program pembelajaran selama pandemi covid-19. Proses belajar mengajar tetap menjalankan protokol resmi yang dijalankan oleh pemerintah setempat.

“Karena kita harus tetap menaati peraturan dinas, maka kita juga menggunakan sitem pembelajaran secara daring,” ungkap Kepala SLB Anugerah Karanganyar Gangsar Selasa 1 September 2020.

Dalam proses belajar daring banyak kesulitan dikarenakan siswa sekolah luar biasa berbeda dengan siswa regular. Apalagi mayoritas siswa SLB Anugerah dari keluarga menengah ke bawah. Banyak yang kurang mengerti mengenai teknologi, baik dari pihak guru dan juga pihak dari orang tua murid.

Banyak siswa yang belum bisa beradaptasi dengan keadaan seperti ini, seperti anak autis yang sudah terbiasa terjadwal dalam setiap kegiatannya. Oleh karena itu untuk pembelajaran siswa SLB, sistem daring harus selalu dipantau baik oleh pihak guru maupun orang tua.

“Dari hal tersebut kami menawarkan kepada orang tua murid untuk mengambil materi di sekolah. Hal ini kami tujukan untuk orang tua murid yang berdomisili di sekitar sekolah,” papar dia.

Agar sistem pembelajaran tetap berlangsung bagi siswa yang berasal dari keluarga menengah ke bawah, SLB Anugerah menerapkan sistem khusus. Yakni orang tua murid datang langsung ke sekolah untuk mengambil materi.

Diharapkan dengan sistem ini untuk yang tidak mengerti ataupun tidak mempunyai smartphone dapat tetap berjalan dengan semestinya. “Semoga untuk sistem pembelajaran segera dilaksanakan secara tatap muka. Karena untuk menjalankan secara daring sangat sulit,” jelas dia.

Setiap siswa juga berbeda keadaannya dan anak akan cepat berkembang, maju apabila pembelajaran dilaksanakan secara langsung. Setiap siswa pun berbeda kebutuhan ada yang butuh terapi fisio, terapi perilaku, terapi bicara dan lainnya. (Kristiadi)