Meski di Tengah Pandemi Covid-19, Aktivis Lingkungan Peringati Word Clean Up Day 2020 di Taman Satwa Taru Jurug Surakarta

TEPIANINDONESIA.COM-SOLO-Seratusan aktivitas lingkungan melakukan bersih-bersih di kompleks wisata Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Surakarta Sabtu 19 September 2020. Kegiatan sosial di tengah pandemi Covid-19 ini dalam rangka memperingati World Clean Up Day (WCD) 2020.

Aksi bersih-bersih bumi ini bertujuan menyadarkan masyarakat luas betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Mereka juga mengajak masyarakat untuk lebih memanfaatkan sampah. Yakni dengan memilah sampah yang bisa didaur ulang dan sampah yang sudah tidak bisa didaur ulang.

Lantaran di tengah pandemi, maka para relawan ini tetap mematuhi protokol kesehatan. “Para aktivis lingkungan ini dengan penuh kesadaran membersihkan lingkungan TSTJ,” terang Wiwi, salah satu panitia WCD 2020.

Sementara itu, Leader WCD 2020 Muhammad Rois mengatakan, kegiatan WCD 2020 di lokasi TSTJ karena sebagai bentuk kerjasama. Selain itu menarik masyarakat luas bahwa tidak perlu takut berkunjung ke kebun binatang. “Mengingat sedikitnya pengunjung di TSTJ pada masa pandemi,” kata dia.

Tujuan utama kegiatan WCD 2020 ini, pihaknya berharap agar masyarakat cepat sadar tentang kepedulian terhadap lingkungan. Mulai membuang sampah pada tempatnya hingga melakukan daur ulang sampah. “Apabila mampu untuk mendaur ulang sampah,maka lakukanlah karena juga untuk mengurangi sampah. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi,” tandas Rois. (Kristiadi)