Tepian Indonesia

Mengunjungi Situs Bersejarah di Desa Seboto: Makam Pahlawan Prof. Dr. Suharso, Ini Kondisinya

TEPIANINDONESIA.COM-BOYOLALI-Seboto adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali. Dulunya Seboto termasuk wilayah Kecamatan Ampel. Karena adanya pemekaran wilayah, desa ini sekarang termasuk kecamatan baru, yaitu Kecamatan Gladagsari.

Di Desa Seboto ada sebuah situs bersejarah, yakni sebuah makam pahlawan yang sangat berjasa saat kemerdekaan RI. Yaitu Prof. Dr. Suharso, yang merupakan salah satu pahlawan Indonesia.

Dia seorang dokter ahli bedah dan pendiri Pusat Rehabilitasi Profesor Dokter Suharso. Pusat rehabilitasi tersebut didirikan pada tahun 1953 di Kota Surakarta, Jawa Tengah yang kemudian bernama Yayasan Pembinaan Anak Cacat Nasional (YPAC).

Yayasan tersebut merupakan organisasi nirlaba yang memiliki misi mengembangkan potensi anak cacat menuju kemandirian melalui pelayanan habilitasi atau rehabilitasi yang terpadu serta memperjuangkan kesamaan hak anak cacat agar mencapai kesejahteraan yang sempurna pada masa penjajahan Belanda.

Soeharso meninggal di Solo, pada 27 Februari 1971. Kemudian dimakamkan di Seboto, Ampel karena ingin dekat dengan makam orangtua serta saudara-saudaranya. Sang pahlawan itu telah menyiapkan liang kuburnya sendiri jauh sebelum dia meninggal.

“Masyarakat sekitar yang bergotong-royong membangun dan memperbaiki makam. Warga setempat hanya tahu almarhum itu orang besar, pahlawan,” ujar sang juru kunci, Parjan, Rabu 23 September 2020.

Tak ada bangunan yang istimewa di makam pendiri Pusat Rehabilitasi Prof dr Soeharso ini. Di depan makamnya berdiri tiang yang berkibar bendera merah putih. Sedangkan di samping makam bernisan kayu itu ada sebuah pohon beringin yang berukuran sangat besar. (Rizka)