PANDEMI COVID-19: Takmir Masjid Raya Al Falah Sragen Sediakan Makan dan Tempat Istirahat Gratis Bagi Musafir

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Di tengah kesulitan akibat pandemi corona atau covid 19, Masjid Raya Al Falah Sragen menyediakan makan gratis. Selain itu juga menyediakan tempat istirahat bagi musafir.

Program makan gratis ini dilakukan sebagai bentuk solusi kepedulian terhadap umat muslim yang saat ini tengah mengalami kesulitan akibat Covid 19.

Sebanyak 100 porsi makanan setiap hari disediakan di halaman masjid. Masyarakat diperbolehkan makan sepuasnya.

Berbagai menu dan sayur-sayuran disediakan mulai menu soto, sayur bening, sayur asam, sayur terong dan lainnya. Sementara untuk minuman masjid ini menyediakan teh hangat dan air mineral disediakan pihak masjid.

Semua gratis untuk umat Islam yang datang ke masjid tersebut. Rendy (20), warga Jetak, Sidoarjo, Sragen ditemui wartawan menyampaikan bahwa dirinya baru pertama kali makan gratis di Masjid Al Falah.

“Ini sangat membantu masyarakat, ini tadi saya salat dulu baru makan. Ini saya baru pertama makan di sini bareng keluarga. Tadi saya ambil menu makan soto,” jelasnya, Kamis 10 November 2020.

Sementara itu, Direktur Badan Usaha Milik Masjid (BUMM) Al Falah Anas Sayyidina saat ditemui menyampaikan, program makan gratis sudah berlangsung sejak corona masuk Sragen.

“Konsepnya setiap hari kami menyediakan 100 porsi makan gratis. Selain itu sebulan sekali kami menyediakan 1000 porsi bagi jamaah yang berkung ke masjid dan monggo bagi seluruh jamaah yang kesini bisa mengambil silakan,” bebernya.

Menurut Anas, dasar program pemberian makan gratis sebagai bentuk solusi bagi umat Islam yang berada di Sragen maupun yang datang ke Sragen. “Ini menjadi solusi umat Islam dimana saat ada pandemi seperti ini kebetulan mungkin pendapatan menurun, terkena PHK atau kesulitan mencari nafkah maka ini ada warung makan gratis ini sedikit mambantu mereka untuk makan sehari-hari,” ujarnya.

Selain itu, masjid yang berada di tengah kota Sragen tepatnya di jalan raya Sukowati tersebut juga menyediakan tempat tidur gratis. Ini diperuntukan bagi umat Islam yang melakukan perjalanan jauh dan membutuhkan tempat istirahat.

“Bagi musafir Alhamdulillah kami mendapatkan kepercayaan dari jamaah ada bantuan kasur sebanyak 12 lebih. Kami menyediakan tempat menginap sebentar buka 24 jam, monggo silakan mampir,” jelasnya. (reporter: Huriyanto)