Kecelakaan Mobil Polisi-Kereta Api di Kalijambe Sragen: Dua Korban Personel Polisi Dievakuasi, Satu Anggota TNI Masih Dalam Pencarian

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Anggota polisi masih melakukan pengecekan kecelakaan maut di perlintasan tanpa palang pintu di Dukuh Siboto, Desa Kalimacan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Senin siang 14 Desember 2020. Kecelakaan nahas ini sendiri terjadi Minggu malam 13 Desember 2020.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kecelaan maut menimpa dua personel polisi Polsek Kalijambe, yakni Aipda Samsul Hadi (57) dan Bripka Slamet Mulyono (45). Selain itu satu anggota TNI Koramil Kalijambe Pelda Eka Budi M.

Dua personel polisi berhasil dievakuasi, sedangkan anggota TNI yang menjadi korban kecelakaan belum ditemukan hingga pengecekan Senin siang diduga terjatuh ke Kali Cemoro.

Kronologi kejadian, bermula saat mobil patroli polisi jenis Setrada melaju dari arah timur hendak menyeberang ke barat. Tiba-tiba dari arah utara melaju kencang Kereta Api Brantas arah selatan. Kecelakaan hebat tak bisa terhindarkan.

Mobil ringsek tak berbentuk dan terjepit di jembatan Kali Cemoro. Evakuasi korban dan kendaraan berjalan lama karena sulitnya medan. Belum lagi kondisi malam hari menyulitkan evakuasi korban yang berada di atas sungai.

Setidaknya butuh waktu empat jam korban dan mobil baru berhasil dievakuasi. “Sudah dalam proses evakuasi, jenazah atas nama Ipda Samsul Hadi sudah berhasil dievakuasi, Bripka Slamet Mulyono juga sudah dievakuasi,” kata Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi di sela memimpin evakuasi korban, Senin 14 Desember 2020.

Menurut Ardi, evakuasi kendaraan yang rusak belum maksimal. Medan yang berat menyulitkan evakuasi. Bahkan butuh kehati-hatian. “Kendala tentunya medannya sangat sulit di atas jembatan. Di bawah sungai arusnya sangat deras maka harus hati-hati,” terangnya.

Kapolres memastikan dua anggotanya meninggal dunia dalam peristiwa itu. Dua anggota Polsek Kalijambe yakni Ipda Samsul Hadi (57) warga perum Gemolong Kecamatan Gemolong Sragen dan Bripka Slamet Mulyono (45) asal Kota Solo.

Sementara itu, anggota TNI bertugas Koramil Kalijambe Pelda Eka Budi (50) asal Dukuh Krikilan RT 8, Desa Krikilan, Kalijambe masih dalam pencarian. Diduga korban terjatuh ke sungai yang arusnya sedang deras.

“Untuk korban Pelda Eka Budi masih dalam pencarian
Apabila nanti belum ditemukan kita akan melakukan susur sungai,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Komandan Kodim 0725 Sragen Letkol Letkol Inf Anggoro Heri Pratikno menyampaikan, anggotanya di dalam mobil patroli Polsek Kalijambe karena sedang dalam patroli gabungan.

Hal ini sinergitas untuk menciptakan ketertiban dan keamanan masyarakat. “Iya itu patroli gabungan konsisten dengan jajaran Polres dan Kodim,” tandasnya. (reporter: Huriyanto)