MITIGASI BENCANA: Relawan NU Peduli Merapi di Selo Boyolali Dapat Pembekalan Manajemen Logistik

TEPIANINDONESIA.COM-BOYOLALI-Para relawan yang tergabung dalam relawan NU Peduli Merapi di wilayah Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah mendapat pembekalan manajemen logistik.

Kegiatan tersebut berlangsung di kantor MWC NU Selo pada Sabtu 12 Desember 2020. Sebagai pemateri langsung Ketua Posko Induk NU Peduli Merapi Subekan. “Kami merasa perlu menyatukan persepsi terkait pengelolaan logistik untuk para pengungsi,” terangnya Senin 14 Desember 2020.

Dikatakan, pembekalan pengurus posko di MWC Selo ini, selain materi tentang pengelolaan logistik, juga tentang materi seputar kerelawanan. Hal ini mengingat banyak klaster relawan yang menangani pengungsi.

“Acara ini dalam rangka meningkatkan kapasitas para relawan. Yaitu mengisi waktu di tengah menunggu perkembangan Merapi, jadi prabencana. Sebagai persiapan ketika nanti erupsi,” papar dia.

Terkait materi manajemen logistik ini misalnya pencatatan barang yang masuk dari para donatur. Kemudian ketika disalurkan ke setiap tempat pengungsian juga harus tercatat. “Sehingga ada update logistik,” kata Subekan.

Alur pendistribusiannya yakni dari Posko Induk NU Peduli Merapi di NU Center Boyolali dikirim ke posko Selo di kantor MWC Selo. Setelah tercatat di posko Selo baru didistribusikan ke setiap pengungsian. “Ada relawan yang menghandel dalam pendistribusian,” ujarnya.

Dalam penanganan bencana Merapi ini, lanjut dia, relawan terbagi menjadi beberapa klaster. Yakni klaster evakuasi, klaster Balantas, klaster pendidikan, dan lain sebagainya. “Setiap hari ada lima relawan yang jaga,” terang dia.

Penanganan bencana Merapi ini, NU Peduli Merapi tetap menggunakan protokol kesehatan. Setiap pendistribusian logistik dan aktivitas di pengungsian menggunakan prtokol kesehatan. (gun)