Warga Sragen Ramai-Ramai Mancing Lele di Tengah Sawah, Kenapa?

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Heboh! Warga satu kampung di Dukuh Sapen, Desa Tangan, Kecamatan Gesi, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah ramai-ramai keluar rumah membawa joran pancing menuju ke sawah.

Mereka berbondong-bondong hendak memancing ikan lele yang ada di tengah sawah yang masih ada tanaman padi.

Mancing ikan di tengah sawah yang masih ada padinya, di jalan raya Sapen – Pasar Jati Tengah Sukodono itu rupanya sempat menyita perhatian banyak orang. Pasalnya aneh mancing ikan di tengah tanaman padi.

Usut punya usut, puluhan warga mancing ikan lele di tengah sawah yang masih ada tanaman padinya itu. Rupanya baru saja kolam lele milik Karno salah satu perangkat Desa Tangan mengalami kebanjiran, gara-gara hujan deras berjam-jam dari siang sampai sore hari.

Kusnadi (35) salah satu warga Sapen Rt 17, Desa Tangan, Gesi, Sragen mengatakan bahwa ia mancing ikan lele dari siang hingga sore mendapat 3 Kg ikan lele,” Mancingnya dari tadi siang mas, ini dapat lelenya kurang lebih 3 Kg rumayan bisa buat lauk bareng-bareng keluarga,” Kata Kusnadi pada wartawan, Senin 11 Januari 2021.

Kusnadi juga membenarkan, bahwa kegiatan warga ramai ramai turun ke tengah persawahan tersebut lantaran baru banyak ikan lele ukuran sedang yang lepas ke sawah milik petani setempat,”Iya mas hujan deras kolam ikan lele milik pak Bayan Karno meluap dan ikan banyak yang masuk ke sawah petani,”bebernya.

Hingga sore ini saja, pantauan di lokasi terdapat 20 orang memancing ikan, ada yang masuk ketengah sawah maupun ada yang di bibir jalan raya.

Berdasarkan informasi mancing lele di tengah sawah dilakukan warga sejak kemarin malam Minggu 10 Januari 2021 mulai pukul 20:00 Wib usai hujan deras.

Banyak masyarakat umpan pancingan dimakan ikan tidak membutuhkan waktu lama, mereka hanya membutuhkan berapa menit saja, umpan langsung disambar ikan lele yang ada di sela-sela tanaman padi.

Tri S (20) warga Tangan, Gesi, Sragen menunjukan
umpan pancingnya hanya mengunakan cacing dan jangkrik,” Mancing sampai sore ini kira kira dah dapat 4 kg mas, ikan sampai ke saawah udah sering terjadi di daerah sini mas,” kata Tri S.

Masyarakat rupanya sudah memiliki filing, jika hujan deras tak berhenti-henti hingga berjam-jam bakal ada ikan lele yang lepas ke sawah,”Taunya ke sawah dan kolam terlihat penuh air jelas ikan masuk sawah petani mas,” jelas Tri S.

Putri M (21) salah satu warga Desa Suwatu, Tanon, Sragen yang kebetulan melintas sempat heran, pasalnya banyak masyarakat mancing ikan harusnya di waduk atau sungai, akan tetapi ini mancingbikan malah di tengah sawah di sela-sela tenaman padi,”Aneh aja mas aku kira mereka sedang apa, kok bawa pancingan ikan di tengah tanaman padi. Setelah saya turun dan bertanya rupanya mereka sedang mancing ikan lele, iya aneh aja masak macingbdi sawah gitu tidak di waduk atau sungai yang ada airnya yang mengalir,” ujarnya.

Rencananya, ikan lele hasil pancingan warga bakal di goreng dan disantap ramai-ramai bersama anggota keluarga di rumah. (reporter: Huriyanto)