Berhasil! Tim Gabungan Relawan Evakuasi Sarang Tawon Vespa di Atap Musala Pasar Proliman Gading Sragen

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Tim relawan gabungan langsung bertindak mengevakuasi sarang tawon vespa di musala Pasar Proliman, Desa Gading, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Mereka terdiri Pemadam Kebakaran, PMI, Kri Komunitas Relawan Independen (KRI), Relawan Pemadam (Redam), Relawan Kws, PLN.

Evakuasi tawon vespa berlangsung cukup dramatis. Pasalnya, sarang tawong raksasa itu butuh waktu tiga jam untuk menjinakan dari atas genteng musala.

Petugas sedikit kesulitan menangani sarang tawon ini karena medan yang cukup sulit. Selain itu ditambah adanya kabel tegangan tinggi berada di sarang lebah tersebut.

Tak berselang lama, datang bantuan dari petugas PLN wilayah Tanon guna memutus sementara listrik tegangan tinggi tersebut. Agus Setyo Wibowo, salah satu petugas Damkar Gemolong pada wartawan mengatakan, evakuasi sarang tawon vespa kali ini cukup makan waktu lama.

Di lokasi tempat lebah tersebut terdapat kabel tegangan tinggi.”Kesulitannya itu tadi sarang tawon berada di atas atap mushola di tambah ada kabel tengangan tinggi sehingga kita juga harus kordinasi dan minta bantuan petugas PLN,” kata Agus.

Petugas Damkar evakuasi sarang tawon vespa di pasar proliman gading itu setelah mendapat laporan masyarakat yang resah akan keberadaan tawon vespa ganas tersebut.

“Iya dapat laporan keluhan masyarakat, dari pimpinan kita damkar gemolong langsung meluncur ke lokasi,” jelasnya.

Puryani (45), warga Tugu Mulyo, Desa Gading, Tanon, Sragen mengatakan, keberadaan tawon vespa ini sangat meresahkan warga dan pengunjung pasar. “Iya, benar sangat meresahkan soalnya tadi pagi aja ada beberapa dan pengunjung pasar pada di sengat, mereka rata-rata yang melintas di bawahnya,” kata Puryani.

Seperti di beritakan sebelumnya, salah satu akun Facebook Rika memposting informasi di Group Facebook Kabar Sragen Terkini.
Dalam postinganya itu Rika menulis,”Mohon di acc mbak atau mas admin.
Mohon bantuannya pada Dinas terkait bisa bantu evakuasi sarang tawon vespa di mushola Pasar Proliman, Desa Gading, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Barusan ada warga pengunjung pasar di sengat tawon ini, ratusan tawon terlihat menyebar dilokasi pasar beberaoa warga yang mendekat di mushola dan di tempat tukang pandai arit dan pacul ada yang di sengat lebah ini, mohon segera di tangapi. Terimakasih.,”. (reporter: Huriyanto)