Legenda Sinden Sragen Suji Mentir, Sedang Terbaring Sakit, Kita Doakan Lekas Sembuh

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Legenda Sinden Sragen Sujiati (67) yang akrab disapa Ledek Suji Mentir kini sedang sakit. Sang maestro terbaring di rumahnya Kampung Tegalrejo, Desa Tegalrejo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah.

Saat wartawan mendatangi rumah sederhana milik Suji Mentir. Nampak sang legenda sinden Sragen itu terbaring sakit tak berdaya. Sang maestro ledek Sragenan tengah melawan penyakit parah yang sedang menimpa dirinya.

Nyoi Prawati (22), anak angkat Suji Mentir mengatakan, ibunya jatuh sakit sudah ada 10 tahun. Bermula saat ia ditawari job manggung di salah satu kota. Namun job manggung dengan bayaran cukup rumayan itu ia batalkan karena tiba-tiba ia merasakan sesuatu yang tidak beres di tengorokan miliknya.

Hari tambah hari sakit tengorokan mulai tambah parah,”Iya bermula sakit tengorokan lalu ibu membatalkan job itu, sejak itulah semakin kesini ibu makin sakit sakitan,” jelasnya, Selasa 12 Januari 2021.

Semenjak sakit itulah sang Maestro Tayub Sragenan Suji Mentir mulai meninggalkan dunia hiburan dan tengah fokus istirahat penyembuhan penyakit yang ia derita.

Akibat tidak bisa bekerja di dunia hiburan itulah Suji Metir mulai mendapat beban hidup lagi. Selain sakit yang ia derita dia juga mulai kesulitan akan kebutuhan yang harus ia pikul sendirian.

“Ibu adalah tulang punggung keluarga. Job tayub ledek dan jadi sinden beberapa dalang wayang itu ibu mendapat penghasilan dan bisa buat kebutuhan saya. Namun kini ibu sakit kayak gini, dulu saya dirumah sini sama ibu saja,” ujarnya.

Terpisah, Marsudi (45), keponakan Suji Mentir pada awak media juga menyampaikan, Sujiati Mentir sakit parah sejak beberapa tahun lalu ditambah kondisi ekonomi yang semakin tak bersahabat.

“Faktor ekonomi yang juga mempengaruhi kondisi ibu semakin parah, karena ibu tulang punggung keluarga sakit tengorokan terus makin banyak fikiran akan kebutuhan sakit kedua kepalanya terasa amat sakit juga ikut menimpa ibu,” bebernya.

Tidak hanya itu, kondisi semakin sulit dan penyakit semakin parah Sujiati Mentir kini harus menerima kenyataan. Ia kini harus menjalani ujian demi ujian penyakit di usianya yang sudah tidak muda lagi.

Dalam kondisi ekonomi yang susah dan tidak punya apa apa, Sujiati Mentir kini kembali diterpa penyakit yang ketiga yang membuat tubuh rentanya itu harus terbaring di tempat tidur,”Ibu tambah sakit lagi, kemarin di kontrolkan di rumah sakit ibu di vonis sakit gula. Semakin kesini tubuh ibu semakin lemah dan tak berdaya tubuh ibu mati separo yang sebalah kiri dari tangan sampai kaki sudah tidak bisa di gerakan lagi dan ibu saat ini tidak bisa bicara,” kata Marsudi.

Keluarga berharap, kondisi keluarga Suji Mentir yang kini sangat memprihatikan itu ada tangan tangan dermawan yang mendengar kabar kondisi bu Suji Mentir yang hidup sangat memprihatikan karena sakit parah dan rumah mulai nampak reyot serta membantu.

Sujiati Mentir atau sering di kenal dengan nama Suji Mentir Maestro Tayub Sragenan itu terkenal melalui lagu-lagunya Kentil geyong, Sawo gledak, Jengelak Tangi maneh, Ngudang anak, Kijing miring.

Dan sering tampil bersama beberapa Dalang Kondang seperti Ki Dalang Mantep, Ki Dalang Anom, Ki Dalang Purbo, Ki Dalang Untung Wiyono, Ki Dalang Putut. (reporter: Huriyanto)