Jenazah Karni, TKW Arab Saudi Tiba di Rumah Duka Sragen Jawa Tengah Disambut Isak Tangis Keluarga

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Jenazah Karni (47), tenaga kerja wanita (TKW) di Arab Saudi tiba di rumah duka Dukuh/Desa/Kecamatan Tanon, Sragen, Jawa Tengah Senin malam 15 Februari 2021. Isak tangis pun pecah ketika peti jenazah dikeluarkan dari ambulans.

Seperti diberitakan sebelumnya, TKW dua anak ini bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Arab Saudi. Kabar meninggalnya Karni pada 29 Januari 2021. Pihak keluarga memastikan ke pemerintah untuk memastikan penyebab kematian dan memulangkan jenazah.

Adik kandung almarhumah, Mujiyanto (50) menuturkan, keluarga mendapat kabar duka itu Sabtu (6/1/2021) habis magrib. Berawal dari kakaknya yang ada di Irian Jaya dan mendadak menerima telepon dari KBRI Arab Saudi. Dalam telepon itu, pihak KBRI memberitahukan bahwa TKW atas nama Karni meninggal dunia di Arab Saudi.

Pada pemulangan jenazah Karni, diterbangkan dari Arab Saudi menuju Bandara Soekarno-Hatta Jakarta. Tiba di Jakarta sekitar pukul 16.00 WIB dan diantar ke kampung halaman di Tanon Sragen menggunakan mobil ambulans.

Kepala Desa (Kades) Tanon Luqman Hakim turut berbelasungkawa atas musibah yang menimpa warganya. Menurutnya, sosok Karni adalah perempuan hebat pekerja keras untuk keluarga di rumah.

“Bu Karni itu memang bekerja di Arab Saudi kurang lebih 15 tahun. Tidak lain untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Nggak tahunya diawal tahun 2021 malah kita mendapatkan kabar yang semacam itu ya sangat berduka mendalam atas meninggalnya beliau,” jelasnya.

Karni meninggalkan dua anak dan suami yang bekerja sebagai petani. Sebelum meninggal dunia, Karni sempat komunikasi dengan keluarga melalui pesan WhatsAap. “Saya sendiri belum melihat pesan WA Bu Karni secara langsung, tapi intinya di keluarga ada pesan pesan WA dari beliau almarhumah,” tutur Luqman.

Sementara itu, santunan sudah disampaikan pada pihak keluarga. “Tadi ada santunan dari pusat Kementerian Tenaga Kerja yang diwakili Pak Teguh, sedangkan dari kabupaten sendiri tadi diwakili Bapak Joko Suratno pesan dari Ibu Bupati untuk santunan bagi keluarga yang ditinggalkan,” katanya.

Jenazah Karni bakal dimakamkan hari ini di pemakaman umum setempat. “Tadi rencana mau di makamkan langsung tapi karena hujan deras makanya kita putuskan untuk dimakamkan besok pagi (hari ini, Red),” kata Kades Tanon. (reporter: Huriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *