Dampak Banjir di Sragen Gerus Empat Rumah, Ini Penampakannya

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Hujan deras melanda Sragen beberapa hari berdampak pada pergerakan tanah. Terdapat empat rumah longsor akibat aliran sungai yang tergerus banjir.

Longsoran dirasakan warga Dukuh Gabusan, Desa Tangkil, Kecamatan Sragen, Provinsi Jawa Tengah, Senin malam 15 Februari 2021. Kebetulan empat rumah tersebut berada di bantaran sungai tepat di tikungan aliran sehingga rawan longsor.

Informasi yang dihimpun tepianindonesia.com, tanah longsor berada di Dukuh Gabusan, RT 02 Desa Tangkil. Empat rumah terdampak langsung longsor di bagian belakang rumah. Pemilik rumah tersebut diantaranya Saino, 60, Sukidi, 59, Supri, 40 dan Suyadi, 45.

Kepala desa (Kades) Tangkil Suyono menyampaikan, terjadi pergerakan tanah di sekitar sungai yang diakibatkan oleh Luapan sungai Garuda dan Mungkung. Padahal banjir terjadi Minggu (14/2) Lalu. Namun tanah yang berada di sekitar sungai baru longsor pada Senin malam.

”Itu aliran Sungai Garuda dan mungkung yang sudah jadi satu. Karena dampak banjir kemarin itu. Ini tanggulnya juga sudah melorot,” terang Suyono.

Dia menjelaskan ada empat rumah warga yang terdampak. Dua rumah terkena bagian dapur, sedangkan dua lainnya longsor pada bagian pekarangan belakang.

”Tahunya itu pukul 19.00. Rumah depannya masih aman. Sehingga nggak perlu mengungsi. Tapi ada sambungan listrik di atas rumah itu juga minta digeser, sudah sampaikan ke PLN, khawatirnya kalau tidak dikhawatirkan bahaya kalau rumahnya juga ikut gerak,” ujarnya. (reporter: Huriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *