Harga Cabai di Sragen Sejak Awal Tahun 2021 Gila-gilaan Hampir Tembus 100 Ribu/Kg

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Sejak awal tahun 2021, sejumlah bahan pokok kebutuhan sehari-hari di Sragen mengalami kenaikan harga. Salah satunya harga cabai mengalami kenaikan signifikan dengan harga hampir tembus Rp 100 ribu per kilogram (kg).

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun di Pasar Bunder Sragen, harga cabai jenis rawit merah Rp 88 ribu per kilogram, rawit putih Rp 32 ribu per kilogram, cabai kriting Rp 45 ribu per kilogram, cabai hijau Rp 22 ribu per kilogram. Sedangkan cabai merah besar harga Rp 29 ribu per kilogram.

Yuliatman (44), salah satu pedagang cabai Pasar Bunder Sragen saat ditemui wartawan menyampaikan harga cabai sejak awal tahun baru 2021. Hargai cabai di pasaran memang mengalami kenaikan drastis hingga saat ini.

“Dari petaninya memang lagi ada kendala. Banyak pohon yang mati dan faktor cuaca hujan deras ini menjadi faktor penyebabnya sejak awal tahun 2021 kemarin hingga saat ini,” katanya, Rabu 24 Februari 2021.

Yuliatman mengaku, untuk stok cabai sementara didatangkan dari beberapa wilayah di Jawa Timur. Yakni Mojokerto, Banyuwangi, Tuban, dan Pare Kediri.

“Saya juga mengalami penurunan penjualan dari satu ton turun jadi lima kuintal turun drastis, harga stabil biasanya harga 40 ribu per kilogram,” bebernya.

Tidak hanya itu, kenaikan harga cabai juga disampaikan Sari (41), pedagang cabai pasar bunder Sragen,kenaikan sangat tinggi dan menggaruhi penurunan minat beli masyarakat.

“Benar harga cabai sedang naik mas, harga tertinggi sejak 2021 ini ditempat saya harga Rp 88 ribu sampai pengecer bisa mencapai Rp 95 ribu hingga Rp 100 ribu per kilogram untuk rawit merah,” ujar Sari.

Keluhan hargai cabai mahal di pasaran sangat dirasakan oleh Tri Yanti (28) warga Sragen Kota. Sehari-hari dia membeli cabai segar untuk kebutuhan keluarga dan karyawan yang bekerja di rumahnya.

”Harga sangat mencekik Mas sejak satu bulanan ini. Karena karyawan banyak dan ini harga cabai mahal, saya siasati dengan membeli cabai yang mahal dicampur dengan beberapa cabai biasa, ini untuk masak sayuran dan sambal,” bebernya.

Sementara itu, data Disperindag Sragen harga cabai di sejumlah pasar memang mengalami kenaikan dan dengan harga berbeda-beda.
Untuk pasar Gemolong harga cabai rawit merah perkg 88 ribu, pasar bunder 85 ribu, pasar Gondang 86 ribu. Harga dari Dinas Perdagangan Sragen. (reporter: Huriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *