Yayasan Pemuda Duta Bangsa-Pendamping Desa Salurkan Bansos dan Pemetaan Mitigasi Bencana di Desa Sumberagung

TEPIANINDONESIA.COM-BOYOLALI-Pergantian musim hujan ke musim kemarau sudah mulai terasa. Yakni adanya hujan lebat disertai angin kencang, seperti halnya ketika perubahan musim kemarau ke musim penghujan tahun lalu.

Dampak perubahan musim ini, angin kencang melanda wilayah Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali, tepatnya di Dukuh Getas, Desa Sumberagung. Rumah Romali, salah satu warga dukuh setempat rusak di bagian atap lantaran tertimpa pohon tumbang. Untuk meringankan beban ekonomi keluarga Romali, relawan dari berbagai lembaga instansi berdatangan. Salah satunya Yayasan Pemuda Duta Bangsa dan Pemuda Kecamatan Klego, Jumat 19 Maret 2021.

Para relawan ini datang ke rumah Romali menyalurkan bantuan sosial (bansos) berupa uang tunai dan sembako. “Bantuan sosial ini merupakan amanah dari para donatur. Semoga bisa sedikit meringankan beban ekonomi keluarga Bapak Romali,” kata Subadi, ketua Yayasan Pemuda Duta Bangsa.

https://www.youtube.com/watch?v=Sps1rJbGWZo

Selain menyalurkan bantuan sosial, kegiatan di Desa Sumberagung juga dalam rangka pemetaan wilayah yang berpotensi bencana alam seperti puting beliung. Pemetaan bencana alam ini merupakan mitigasi bencana alam dengan harapan dapat tertangani dan dicegah secara dini.

Pemetaan desa berpotensi bencana alam ini, pemuda Kecamatan Klego didampingi para Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kecamatan Klego. Sebab, intensitas bencana alam masuk matrik Indek Desa Membangun (IDM) setiap tahunnya. (wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *