Bupati Sragen Mbak Yuni Resmikan Waterboom Desa Kaliwedi Gondang, Dikelola BUMDes Karya Mandiri Desa Setempat

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Setelah sekian lama, akhirnya kolam renang Desa Kaliwedi, Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, resmi dibuka, Jumat 26 Maret 2021.

Waterboom di Desa Kaliwedi ini diresmikan langsung oleh Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati (Mbak Yuni) didampingi Sekda Sragen Tatag Prabawanto. Anggota DPRD Sragen Bambang Widjo Purwanto, DPRD Jawa Tengah Untung Wibowo Sukowati juga turut hadir.

Dalam sambutannya, Mbak Yuni nama akrabnya mengatakan, jika di Sragen ada 10 kepala desa (kades) seperti di Kaliwedi pasti desanya bakal bisa lebih maju. “Saya bersyukur, seandainya di Kabupaten Sragen ini ada kepala desa 10 saja seperti di Kades Kaliwedi pasti masing-masing kecamatan akan lebih maju,” kata mbak Yuni, dalam sambutannya.

Saat ini desa dipacu untuk melakukan bisnis melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) karena harus menambah pendapatan asli desa setiap tahun. “Imbasnya Dana Desa juga akan turun jadi desa harus mendapatkan pendapatan sendiri. Sehingga bisa menutup pengeluaran itu. Lewat bisnis UMDes semoga bisa meningkat PAD-nya,” harapnya.

Setelah menyaksikan sendiri kemegahan Waterboom Kaliwedi Gondang, Mbak Yuni juga tidak menyangka desa diujung timur Sragen mempunyai aset besar. “Butuh sinergitas. Kalau Pak Lurah tidak mendapatkan dukungan yang baik-baik dengan eksekutif, saya sebagai pengambil kebijakan mustahil ini bisa terjadi,” ujar Mbak Yuni.

Sementara itu, saat ditemui disela-sela peresmian kolam renang, Kepala Desa Kaliwedi Daryono mengungkapkan, Desa Kaliwedi bakal mencatatkan sejarah dengan memiliki bangunan obyek wisata termegah. Potensi lainnya siap diunggulkan seperti wisata kebun kelengkeng, kebun melon green house, peternakan ikan lele serta ternak domba.

“Iya nanti tahun depan bakal dibangun lagi kolam desawa berstandar internasional bakal ada. Kolam renang dan waterboom yang diberi nama Jambangan Permai itu dibangun di atas lahan tanah kas desa seluas satu hektare di Dukuh Toro, Kaliwedi. Waterboom nan megah dan mewah itu dibangun dengan dana yang tak main-main yakni mencapai Rp 1,2 miliar,” ujarnya.

Dibanding dengan waterboom tingkat desa yang sudah ada, waterboom Kaliwedi barangkali akan mencetak sejarah menjadi waterboom termegah yang dikelola BUMDes. Tidak hanya itu, pembangunan waterboom Desa Kaliwedi dirintis hanya dari dana modal awal hanya sebesar Rp 25 juta milik BUMDes setempat. (reporter: Huriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *