Wagub Jabar Gelar Safari Ramadhan di Pesantren Miftahul Arsyad Bogor

TEPIANINDONESIA.COM-BOGOR-Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum gelar safari Ramadhan ke Pondok Pesantren Miftahul Arsyad di Jalan Raya Kemang Parung, Desa Jampang Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor, Selasa 20 April 2021.

Dalam sambutannya, Wagub Uu menegaskan bahwa pondok pesantren adalah basis pembinaan bagi umat dan masyarakat khususnya generasi muda sebagai penerus dan akan menjadi pemimpin di masa depan.

“Para santri di pondok-pondok pesantren adalah calon pemimpin masa depan yang belajar tentang ilmu pengetahuan serta adab dan akhlaq. Pemerintah Provinsi Jabar akan selalu konsisten dan mendukung eksistensi Ponpes yang juga merupakan bagian dari visi Jabar Juara Lahir Batin,” jelasnya.

Bentuk dukungan Pemprov Jabar sudah dibuktikan dengan berbagai program dan bantuan bagi ponpes yang ada di Provinsi Jabar.

“Pemprov Jabar terus berkomitmen untuk memberikan bantuan lewat APBD, dan kamipun terus akan memperjuangkan agar ada anggaran APBN yang dialokasikan untuk membantu pondok pesantren,” tegasnya.

Dalam kunjungan tersebut, Wagub Uu tampak didampingi oleh Ketua Baznas Kabupaten Bogor Drs. KH. Lesmana Mpd, Camat Kemang Edi Suwito, Kapolsek Kemang Kompol Ilot Djuanda, Danramil Kemang Kapten Dudung, Kades Jampang Wawan Hermawan serta Ustad Haji Hanafi Arsyad, pengasuh Ponpes Miftahul Arsyad.

Selepas memberikan sambutan, Wagub juga sempat meninjau kondisi pesantren dan memberikan kesempatan untuk berdialog bersama perwakilan Pusat Komunikasi dan Pemberdayaan Pesantren Nusantara (PKPPN) yang merupakan wadah komunikasi antar pesantren. PKPPN lahir dan didorong oleh keinginan kuat untuk mewujudkan satu wadah restorasi yang akan menjembatani iklim harmonisasi antar pesantren dengan pesantren di satu sisi dan pesantren dengan negara di sisi yang lain.

Dalam dialog tersebut, Muhammad Yusuf, yang merupakan Ketua 1 PKPPN menyampaikan apresiasi sekaligus menjelaskan kondisi ril pesantren yang ada di wilayah Jabar, khususnya di Kabupaten Bogor, Yusuf memaparkan masih cukup banyak Ponpes yang belum memiliki legalitas lengkap sehingga belum terdata dan belum mendapatkan bantuan dari pemerintah samasekali.

“Kami mengharapkan, dengan kunjungan safari Ramadan pak Wagub ini, bisa terjalin sinergi yang lebih baik, terutama semakin bertambahnya perhatian dan bantuan Pemprov Jabar terhadap keberadaan dan keberlangsungan Ponpes yang ada di seluruh Jabar dan kami dari PKPPN siap untuk menjembatani komunikasi yang lebih intens terkait permasalahan Ponpes sebagai implementasi berlakunya UU Pesantren dan Perda Pesantren di Provinsi Jabar saat ini, “pungkasnya.

Terkait dialog dan penyampaian aspirasi tersebut, Wagub Uu berjanji akan menindaklanjuti dan menyampaikan hal tersebut kepada pihak terkait. (wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *