Fenomena Gerhana Bulan, Warga Sragen Lakukan Ini

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Fenomena alam gerhana bulan 2021 disambut oleh sejumlah masyarakat di wilayah Desa Banaran, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah dengan mengelar sholat gerhana bulan dan melihat langsung bergerakan bulan dengan mengunakan tropong khusus bernama “iOptron Corporation”, Rabu 26 Mei 2021.

Gerhana bulan bisa dilihat di wilayah Sragen mengunakan alat tropong milik SMA Trensains Muhammadiyah Sragen, namun hingga sholat mahrib selesai, gerhana bulan tidak mampu dilihat dengan mata telanjang.

Sunardi salah satu guru di SMA Trensains Muhammadiyah mengatakan pengamatan dilakukan sejak sore menjelang mahrib,”Pengamatan bulan purnama, pengamantan gerhana bulan dilakukan sejak 17:21 sampai 19:00 Wib sampai selesai, dan diisi dengan sholat gerhana,” kata Sunardi.

Sementara itu, Sunardi selain menjadi guru Matematika dan pembimbing Sains menyampaikan hasil pengamatan sejak sore hasilnya sedikit mendung,”Sementara hasil pengamatan tadi agak sedikit mendung dari arah timur yakni Ngawi, namun setelah mahrib mudah mudahan nanti bisa melihat langsung gerhana bulan mengunakan teleskop,”bebernya.

Teleskop milik sekolah ini juga cukup canggih, pasalnya mampu melihat benda langit dan bulan serta mampu mengunci pergerakan benda,”Selain itu, Teleskop ini nanti ketika kita set untuk mengunci pergerakan bulan. Sehingga bisa mengikuti pergerakan bulan dari awal terbentuknya gerhana sampai selesai prosesnya,” jelasnya.

Produk Teleskop di impor dari luar negeri dengan harga yang cukup fantastis,”iOptron ini adalah pabrikan USA, kemarin kita impor tahun 2019 nilainya teleskop ini 54 juta. Dan alat ini juga bisa melihat benda benda langit, bulan dan sebagainya,” ujarnya. (Huriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *