Pemkab Gelar Pertunjukan Wayang Kulit Virtual, Penonton Bisa Nyimak dari Rumah

TEPIANINDONESIA.COM-BOYOLALI-Acara puncak peringatan Hari Jadi ke-174 Kabupaten Boyolali ditutup dengan pagelaran wayang kulit secara virtual. Agenda yang akan berlangsung selama tiga hari dari Rabu (16/6/2021) hingga Jumat (18/6/2021) bertempat di Balai Sidang Mahesa Boyolali selama dua jam pertunjukan. Acara ini digelar bertujuan untuk memberikan hiburan masyarakat melalui aplikasi zoom dan siaran langsung di kanal Youtube dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan bagi pelaku seninya.

Bupati Boyolali, M. Said Hidayat yang hadir dalam hari pertama pertunjukan mengatakan bahwa pagelaran wayang kulit ini merupakan sebuah wujud kecintaan terhadap budaya lokal dan semangat untuk menjaga nilai-nilai budaya. Selain itu, Bupati Said berharap pagelaran wayang kulit virtual ini merupakan uji coba pentas hiburan rakyat yang nantinya jika dapat berjalan dengan baik akan dapat dilakukan secara bergantian dengan seni budaya yang lain.

“Ketika ini dapat kita jalankan dengan baik, lancar, tanpa memunculkan persoalan apapun utamanya berkait dengan Covid, maka tentunya ini dapat kita agendakan secara rutin, bergantian. Bisa jadi bukan hanya wayang,tetapi kesenian lokal lainnya bisa kita upayakan digelar dengan pola yang sama,” ungkapnya.

Tak lupa, Bupati Said mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kabupaten Boyolali yang menyambut dengan antusias pagelaran wayang kulit virtual ini.

“Terimakasih juga seluruh warga masyarakat Boyolali yang hadir secara virtual. Maturnuwun, tetap kita jaga nilai-nilai budaya kita, tetap jaga semangat kerukunan diantara kita, diantara ruang yang berbeda ternyata kita tetap mampu disatukan dalam ruang untuk menjaga nilai-nilai budaya,” ungkap Bupati Said.

Sebelum pentas wayang kulit dimulai, Bupati Said menyerahkan gunungan kepada tiga dalang yang nantinya akan memainkan lakon masing-masing. Untuk lakon hari ini, Ki Dalang Suryanto akan memainkan lakon Sendang Emas Nilo Kencono.

Selanjutnya pada Kamis (17/6/2021), wayang kulit akan dimainkan oleh Ki Dalang Wartoyo dengan lakon Semar Kawedar dan yang terakhir pada Jumat (18/6/2021), Ki Dalang Arif Sarjono dengan lakon Rojomolo Sirno. (Tri Widodo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *