Minggu, Seluruh Pasar di Boyolali Tutup.

TEPIANINDONESIA.COM-BOYOLALI- Seluruh pasar di Boyolali bakal ditutup, pada Minggu (27/06/2021). Hal itu untuk mencegah kerumunan sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 yang terus meluas.

Tak hanya pasar tradisional saja yang dilakukan penutupan. Pasar Modern dan Minimarket juga tak luput dari penutupan ini.

Kepala Bidang (Kabid) Infrastruktur dan Pembinaan, Penataan Pedagang, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Boyolali, Aris Sulistyanto mengatakan seluruh tempat pembelanjaan di Boyolali ditutup selama sehari dalam sepekan. Hal itu berdasarkan Surat Edaran (SE)  Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disdagperin) Provinsi Jawa Tengah nomor 510/2537 tentang pelaksanaan Operasional Perdagangan dalam Masa Penerapan PPKM.

Untuk itu, pusat perbelanjaan di Boyolali dilakukan penutupan operasional pada Minggu tanggal 27 Juni dan 4 Juli 2021. “ Selama ditutup, pasar akan dilakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan. Penyemprotan ini dilakukan oleh paguyuban pedagang dan pengelola pasar,” ujarnya.

Dia menyebut, di Boyolali ada sebanyak 44 pasar tradisional termasuk pasar hewan yang akan ditutup. Saat ini, pihaknya telah mensosialisasikan rencana penutupan ini.

“ Alhamdulillah tidak ada resistensi dari pedagang. Semua bisa menerima rencana penutupan ini. Termasuk pedagang dipasar hewan yang saat ini menjelang Idul Adha,” katanya.

Karena memang, hanya pasar hewan Nogosari dan Pasar Hewan Karanggede yang terdampak rencana penutupan ini yang bertepatan dengan hari pasaran.

“ Pasar hewan lainnya pas hari Minggu itu tidak pasaran, jadi otomatis pasar juga tutup,” ujarnya.

Sementara itu, Marni salah seorang pedagang Sembako di pasar Tradisional Bangak tak keberatan dengan rencana penutupan pasar ini. Hal itu sebagai upaya pengendalian penularan Covid-19 yang terus meningkat.

“ Semoga Pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir, dan masyarakat dapat beraktifitas normal,” pungkasnya. (Trw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *