Hadapi Suhu Minus 20 Derajat Celsius, Ini Kesiapan Atlet Specta Indonesian Internasional Expedition Asal UIN RM Said Surakarta

TEPIANINDONESIA.COM-SURAKARTA-Dua mahasiswa Pecinta Alam Specta, Universitas Islam Negeri (UIN) RM Said Surakarta, siap mendaki gunung tertinggi di Turki, Gunung Ararat. Mereka akan mengikuti event Specta Indonesian Internasional Expedition (SIIE).

Keduanya adalah Muhammad Bahrudin (mahasiswa Fakultas Syari’ah) dan Aan Rohmad Safrudin (mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah). Persiapan matang dilakukan lantaran bakal menghadapi suhu minus 20 derajat celsius.

Persiapannya yakni olah fisik sudah berjalan selama lima bulan. Latihan seminggu lima kali di kawasan kampus 1 UIN RM Said Surakarta. Variasi latihan seperti pusp-up, jogging, pull-up, tarik ban, fitnes, vo2 max dan lain-lain.

“Kami juga sudah latihan medan di Gunung Lawu, Gumuk Pasir Jogjakarta dan tempat lainnya,” terang Aan Romhad Safrudin, salah satu atlet yang akan mendaki Gunung Ararat, Selasa 3 Agustus 2021.

Target keduanya mencapai puncak tertinggi di Turki yakni mengibarkan bendera Indonesia merah putih, bendera almamater UIN RM Said Surakarta dan Specta.

“Ikut serta dalam event ini, kami menyemarakkan dan upacara hari Kemerdekaan Indonesia ke-76. Kemudian mengenalkan budaya Indonesia di Negeri Turki, menelusuri sejarah bahtera Nabi Nuh as,” katanya.

Dengan serangkaian pelatihan dan persiapan yang telah dilakukan oleh tim, mereka mengaku siap menaklukkan gunung tertinggi di Negeri Turki. Mereka berencana memulai ekspedisi pada 10 Agustus-02 September 2021 mendatang.

“Kami memohon doa dan dukungannya agar Specta Indonesian Internasional Expedition berjalan lancar dan sukses,” harapnya. (wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *