Jelang Malam Suro, Polres Karanganyar Patroli Wilayah Skala Besar

TEPIANINDONESIA.COM-KARANGANYAR-Kepolisian Resor (Polres) Karanganyar melaksanakan patroli wilayah berskala besar menjelang peringatan malam tahun baru Islam, 1 Muharam 1443 Hijriyah atau malam 1 Sura (dalam penanggalan masyarakat Jawa), yang jatuh pada Senin 9 Agustus 2021.

Pengamanan malam 1 Sura tersebut dimulai dengan pelaksanaan apel kesiapan pada pukul 18.30 WIB, dipimpin oleh Kapolres Karanganyar, Muchammad Syafi Maula, yang sekaligus memberikan arahan – arahan kepada para personil dalam melaksanakan kegiatan.

Kasi Humas Polres Karanganyar, IPTU Agung Purwoko, menegaskan kegiatan itu dilakukan guna mengantisipasi aktifitas yang disinyalir dapat menimbulkan kerumunan massa. Polres Karanganyar juga telah mengambil langkah persuatif dengan melakukan komunikasi secara baik kepada sejumlah kelompok masyarakat yang biasa melakukan pengumpulan massa pada malam 1 Sura.

“Hasilnya, pantauan di lapangan tidak ada kegiatan berskala besar yang dilakukan oleh kelompok – kelompok tertentu. Ini menggambarkan bahwa komunikasi yang terjalin sangat baik antara Polres Karanganyar dan organisasi masyarakat yang ada di Kabupaten Karanganyar,” terang Kasi Humas Polres Karanganyar, IPTU Agung Purwoko, saat dikonfirmasi wartawan terkait kegiatan tersebut, pada Selasa (10/08/2021).

Dengan datangnya tahun baru Islam kali ini, IPTU Agung Purwoko menambahkan, Polres Karanganyar menerjunkan sedikitnya 160 personil kepolisian dibantu oleh Kodim 0727/Karanganyar dan Satpol PP Kabupaten Karanganyar dalam melaksanakan kegiatan patroli berskala besar sebagai antisipasi kerawanan dan gangguan kamtibmas di sejumlah wilayah di Kabupaten Karanganyar.

IPTU Agung Purwoko menyebutkan, adapun titik – pengamanan malam 1 Sura kali ini disebar di seluruh wilayah jajaran Polres Karanganyar, mulai dari wilayah Kecamatan Colomadu Tawangmangu, Kerjo hingga Jatipuro.

IPTU Agung Purwoko juga menegaskan, bahwa kepolisian secara maksimal telah melaksanakan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Karanganyar. Selain untuk mengantisipasi berkumpulnya massa, menurut dia, kegiatan patroli itu juga dilakukan mengingat Karanganyar yang saat ini masih melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) guna menekan penyebaran Covid-19.

Pihak Polres Karanganyar juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat, khususnya warga Kabupaten Karanganyar yang telah mematuhi imbauan sebagaimana yang telah disebarluaskan, agar masyarakat tetap di rumah pada malam 1 Sura.

“Terbukti, hingga pukul 03.30 WIB, tidak ada aktifitas kerumunan masyarakat di tujuh belas wilayah Polsek yang ada di Karanganyar. Tentunya ini atas kerjasama semua pihak, sehingga Kabupaten Karanganyar tetap aman dan kondusif,” pungkas IPTU Agung Purwoko. (Sur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *