PUDAM Tirta Lawu Karanganyar Tingkatkan Investasi dengan Perluas Jaringan di Wilayah Mojogedang

TEPIANINDONESIA.COM-KARANGANYAR-Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Tirta Lawu merealisasikan investasi sebesar Rp 3 miliar untuk meningkatkan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Salah satu buktinya dengan cara membangun jaringan air bersih di wilayah Kecamatan Mojogedang.

Rencananya, warga di kecamatan tersebut akan menikmati layanan air bersih dari perusahaan milik Pemkab Karanganyar tersebut mulai tahun 2022. Orang nomor satu di jajaran PUDAM Tirta Lawu Prihanto mengatakan, anggaran Rp 3 miliar digunakan untuk membangun jaringan pipa transimi dan pipa distribusi.

“Untuk pipa transisi sudah selesai dikerjakan. Panjang jaringan pipa mencapai 7,5 km dari area kota kecamatan sampai pertigaan Surabaya, plus 600 meter ke arah barat,” jelasnya, Sabtu (14/8/2021).

Kebijakan membuka unit layanan di Mojogedang, menurut Prihanto, karena warga selama ini kesulitan air bersih untuk konsumsi minum.

“Setiap hari, warga membeli air minum rata-rata 4 liter. Dengan hadirnya layanan PUDAM Tirta Lawu di Mojogedang, diharapkan masyarakat tidak lagi kesulitan mencukupi kebutuhan air bersih untuk konsumsi,” katanya.

Jaringan pipa yang dibangun, menurut Prihanto, bisa untuk melayani 2.200 pelanggan yang tersebar di empat hingga enam desa.

Saat ini, perusahaan plat milik pemkab karanganyar tersebut sedang mendata calon pelanggan yang akan dilayani mulai tahun depan, dengan prioritas masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Biaya penyambungannya Rp 550 ribu per pelanggan.

“Masyarakat yang rumahnya dilewati jaringan pipa transisi silakan mendaftar. Pendaftaran calon pelanggan akan ditutup Oktober mendatang,” ujarnya.

Prihanto menambahkan, air bersih yang akan dialirkan ke pelanggan di Mojogedang berasal dari mata air Kecobor di wilayah Ngargoyoso.

“Karena dari mata air Gunung Lawu, air tidak diolah melalui reservoir. Jadi air murni dialirkan ke jaringan pipa,” pungkasnya. (Sur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *