Meriahnya HUT RI Ke-76 di Dukuh Pablengan, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen, Ini Eventnya

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Semangat peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun tampak di masyarakat. Banyak warga berlomba-lomba menghias dan mempercantik lingkungannya dengan berbagai lampu hias dan cat berwarna-warni.

Salah satunya dilakukan karangtaruna Mekar Indah Dukuh Pablengan etan, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah mengelar lomba hias jalan dan membuat gapura pintu masuk di dilingkungan meraka dengan berbagai hiasan cat dan lampu.

Hengky Prastiyo Wibowo, ketua karangtaruna saat ditemui menyampaikan ditengah pandemi covid 19 warga tetap mengelar lomba namun hanya antar RT dan tetap mematuhi protokol kesehatan,”Dari kita tidak mengadakan perkumpulan yang istilahnya mengandung unsur banyak dari berbagai lini, dengan adanya acara ini hanya kerja bakti, bersih bersih desa dan keindahan antar RT yang dipelopori langsung pemuda desa,” kata Hengky, Senin 16 Agustus 2021 malam.

Dalam lomba hias jalan dan gapura pintu masuk lingkungan warga ini diikuti sekitar 5 RT dan dengan merebutkan hadiah piala bergilir dan uang tunai,”Nanti penjuaraan ada juara 1, 2 dan 3 harapan 1 dan harapan 2, nah itu nanti total hadiah sekitar 2.500.000. ini bukan semata mencari hadiah ya kata ibu bapak warga disini kita cari meriyah meriyahnya gitu, buat penyemangat,” ujar Hengky.

Selain itu, Hengky juga membeberkan bahwa warga dengan kegiatan jelang HUT RI Ke-76 ini banyak warga antusias dan berlomba menjadi terbaik,”Warga sangat antusias sekali, bahkan ini jurinya juga kita datangkan dari luar bukan karena apa, ya karena antusias warga sangat tinggi nanti takut ya kalau kita membuat juri dari sini malah gimana ya kita jadinya ambil dari luar, yakni pak carik sama mas arif tadi,” bebernya.

Sementara itu, Aries Rustioko Sekdes Krikilan yang kebetulan ditunjuk menjadi juri 1 saat dihubungi via WA menyampaikan semangat gotong royong menuju desa wisata Sangiran,”Yang intinya semoga antusias dan semangat ini menular ke seluruh warga masyarakat Krikilan menuju desa wisata Sangiran, dan malam ini masih ada satu penilian lagi sedangkan juaranya akan diumumkan besok malam,” ujarnya.

Tidak tanggung-tanggung, juri dalam lomba antar RT di Dukuh Pablengan ini rupanya juga dinilai langsung oleh juri dari Disporapar prop jateng yakni Arif Hidayatullah dan Setyo Purwadi ( Pegiat Budaya ) kemendikbud.

Terpisah, kelapa Desa Krikilan Widodo saat ditemui mengatakan pihaknya mengapresiasi kegiatan warga Dukuh Pablengan detik-detik jelang HUT RI ke 76 warga gotong royong menghias lingkungan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Memang kami dari desa itu mendukung program anak anak karangtaruna, disitu kami berhubung masih dalam kondisi pandemi seperti ini kegiatan yang diadakan dari karangtaruna ini sangat bagus sekali, sehingga disitu ada multifungsi disamping tidak menimbulkan kerumunan kita juga menjaga kebersihan, disitu yang jadi nilai yakni protokol kesehatannya, pakai masker dan ada tempat cuci tangan dan lainnya menjaga lingkungan nah itu yang kami harapkan dari pemuda memiliki pemikiran yang seperti itu dan dia juga punya inisiatif sendiri punya perangsang memotivasi masyarakat, Alhamdulillah setiap RT menjadi kebersihan menjadi bersih dan sosialisasi yang baik untuk tetap menjaga protokol kesehatan,” ujarnya. (Huriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *