Gerakan Pemuda Ansor Sragen Bersama Kelompok Tani Mandiri Terpadu Peringati Hari Tani 2021 dengan Cara Ini

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Sejumlah warga menggelar acara tasyakuran hari tani 2021, acara digelar oleh kelompok tani mandiri terpadu bersama Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sragen di Dukuh Gondang Mayang, Desa Jono, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah pada Sabtu 18 September 2021 kemarin.

Tasyakuran hari tani adalah sebagai bentuk syukur pada allah atas hasil pertanian yang melimpah, kegiatan ini juga baru pertama kali digelar di desa tersebut.

Ditemui disela-sela acara pembukaan tasyakuran bersama kelompok tani, Endro Supriyadi ketua GP Ansor Sragen mengatakan bahwa kegiatan digelar bersama kelompok tani, selain tasyakuran petani juga bisa saling diskusi,”Selain menggelar kegiatan tasyakuran kita juga dilanjutkan kegiatan dengan kumpul tani dan juga dilanjutkan kegiatan webinar beberapa tokoh dan juga anggota DPR RI Luluk Nur Amidah untuk memberikan gambaran-gambaran tentang dunia perkembangan dunia pertanian,” kata Endro.

Menurut Endro, kegiatan bersama kelompok tani di wilayah desa Jono Tanon bisa terus dikembangkan dan terus menggali potensi desa yang ada melalui sektor pertanian,”Harapan kita dengan kegiatan ini bisa terus dilestarikan sehingga generasi muda ini mengenal kembali potensi potensi yang ada di daerah kita terutama dari sektor pertanian, karena tantangan kita hari ini menggalami keterputusan generasi petani karena banyak anak anak muda hari ini lebih tertarik bekerja di wilayah-wilayah industri, sementara sektor pertanian ini masih kurang diminati padahal mempunyai potensi yang besar terutama dalam hal berbagai inovasi terlebih di ketahanan pangan,”bebernya.

Endro juga menyampaikan, di wilayah desa Jono banyak potensi pertanian yang sudah dikembangkan untuk ketahanan panggan, selain padi peta i diwilayah tersebut juga sudah mengembangkan tanaman yang lain”Selain petani normal tanaman padi, jagung juga mulai tumbuh generasi generasi muda baru yang konsen di sektor multikultural ada petani bawang merah, petani buah melon, dan cabai. Diikuuti 50an orang dan tetap melakukan prokes dan pakai masker,”ujarnya.

Terpisah, Isnaini selaku ketua kelompok tani mandiri terpadu mengatakan kegiatan tasyakuran dan berdoa bersama dengan berbagai jananan pasar dan hasil bumi,”Kami menyambut hari tani, kami mengadakan sukuran atas hasil pertanian kami dengan harapan kedepannya agar bisa lebih sejahtera.

Kami mengadakan pertama kali, diikuti warga sekitar dan warga kelompok tani kami,” ujar Isnaini.

Selain tasyakuran, kegiatan juga diisi dengan acara rembuk tani ,”Acaranya nanti dilakukan rembuk tani agar bisa mencapai hasil yang lebih maksimal dengan para tokoh tokoh dari dinas pertanian. Semangat pada petani tadi agar generasi generasi muda kami kedepan agar lebih respek dan tertarik di dunia pertanian. Kami mempunyai beberapa potensi pertanian padi, jagung, dan bawang merah, kacang tanah dan lainnya,” ujarnya.(Huriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *