Anggota DPR RI Luluk Nur Hamidah Kunjungi Petani Sragen Ajak Kembangkan Sektor Pertanian di Tengah Pandemi Covid-19

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Anggota DPR RI Luluk Nur Hamidah temui petani Desa Hadiluwih dan kelompok tani Desa Pagak Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah, Sabtu 16 Oktober 2021.

Dalam kunjungannya, Luluk memberikan bantuan benih cabai, mulsa dan pupuk serta bantuan bibit bawang merah kelompok tani. Selain memberikan bantuan bantuan pertanian, Luluk juga memberikan pendampingan serta menyerap informasi dari para petani baik saat penanaman maupun pascapanen.

Ditemui di lokasi kunjungan, Mbak Luluk mengatakan bahwa kegiatan seperti ini rutin dilakukan untuk terus menyerap informasi dan pendampingan bagi para petani di kabupaten Sragen. “Kalau untuk total di Sragen seluruhnya ada 15 hektare tapi untuk di Desa Hadiluwih ini ada 2 hektare,” katanya.

Selain itu, bantuan bawang merah totalnya ada 30 hektare untuk kabupaten Sragen juga berikut dengan saprodinya. “Kita berharap betul bahwa dukungan saya dari komisi empat ini bisa menghasilkan satu kawasanlah ya yang agak integratif di sragen dan kita dukung terus dan kita pantau terus hasilnya serta pasca panen,” terang dia.

Usai pertemuan, Luluk berharap para petani bisa mendapatkan informasi lebih dan pendampingan untuk terus mengembangkan ekonomi dari sektor pertanian. Diharapakan dari kelompok tani ini bisa mendapatkan manfaat yang lebih bagus dari sisi ekonomi dan bisnisnya.

“Kalau misalnya pascapanennya ini bisa kita urus bareng bareng jadi tidak hanya menjual barang segar, tapi diolah biar dapat mangfaat bisnis dan ekonomi bagus, saya kira kita dan saya pastikan benih dan bibit yang diberikan adalah benih bibit yang bagus dan kita juga harapkan dukungan dari dinas sama-sama mendampingi agar hasilnya sesuai yang kita harapkan,” bebernya.

Selain itu, Luluk juga akan membantu dan mendorong petani sektor bawang merah. Dari bawang merah ke depannya mampu menjadi produk unggulan di Kabupaten Sragen. “Mengapa kita dorong pengembangan bawang merah ini bisa kita wujudkan hilirisasinya jadi hulu ke hilirnya,,” ujarnya.

Luluk juga sangat bangga akan peran serta petani dalam menjaga perekonomian Indonesia di tengah pandemi. Pasalnya, sektor pertanian sangat berpengaruh tinggi dalam menjaga ekonomi negara, petani jadi pahlawan negara.

“Dari catatan kita secara nasional, sektor pertanian menyumbangkan PDB kita hanpir 16% setemgah dimana sektor yang lain mengalami penurunan bahkan mines, bahkan sektor pertanian mengalami peningkatan baik itu horti dan juga hasil perkebunan bahkan pada waktu itu jualan rempah rempah kita juga meningkat karena konsumsi dunia meningkat pada saat pandemi dan ini menunjukkan bahwa sektor pertanian ini paling tangguh dibandingkan dengan sektor yang lain jadi daya juang petani ini luar biasa,” papar Luluk.

Terpisah, Karmin selaku bendahara Gapoktan Pagak Jaya dan sekaligus kelompok Tani Karya Tani Pagak Sumberlawang ditemui usai acara mengatakan pihaknya merasa terbantu dan mendapatkan pendamping langsung dari wakil rakyat.

“Kedepanya nanti bisa bermanfaat bagi kelompok tani di desa pagak, pasalnya di pagak masih ketinggalan untuk peralatan untuk pertanian dan ini tadi menerima bantuan bibit cabai sebanyak 2 hektare, itu tadi bibit unggul pak, jenis cabai sambal pak,” ujarnya. (Huriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *